Kompas.com - 25/06/2014, 18:28 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Penyiar berita wanita berparas cantik kerap kali menghiasi layar televisi. Kecantikan mereka kadang menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton dan kemunculannya selalu dinantikan. Namun, apa jadinya jika penyiar berita itu digantikan dengan robot?

Ya, dua robot dengan wujud menyerupai manusia (android) yang bisa menyampaikan berita tersebut saat ini sedang menjadi pusat perhatian di ajang pameran "Android: What is human?" yang diadakan di National Museum of Emerging Science di Miraikan, Tokyo, Jepang.

Kedua robot yang dipamerkan memiliki wujud wanita dewasa (disebut Otonaroid) dan anak-anak (disebut Kodomodroid). Mereka memiliki kemampuan untuk membacakan berita dan laporan cuaca.

Dikutip dari Engadget (25/6/2014), Otonaroid yang sedang dipamerkan itu juga bisa menjadi pemandu pameran di museum. Pengunjung bisa berinteraksi dengan robot melalui percakapan lisan.

Robot Otonaroid terlihat memiliki bentuk yang utuh, seperti kepala, badan, tangan dan kaki. Robot ini bahkan tangannya bisa digerakkan, matanya berkedip, menoleh, atau membungkukkan badan jika diperlukan. Sementara Kodomodroid yang terlihat masih remaja, sebagian tubuhnya tersembunyi di belakang meja.

Kodomodroid yang bisa membaca atau melaporkan berita itu mampu mengucapkan kata-kata dengan cukup akurat. Di masa depan, robot tersebut akan bisa menyampaikan berita dalam berbagai bahasa dengan suara yang berbeda-beda.

Kodomodroid diproyeksikan akan memiliki acara televisi sendiri. Ia juga akan dibuat agar bisa melaporkan ulasan-ulasan tentang makanan, walau sebenarnya robot itu tidak makan.

Pameran robot android tersebut diadakan selain untuk menampilkan terobosan teknologi robot, juga untuk membahas sejauh apa robot android itu bisa dikembangkan, dan apakah manusia benar-benar membutuhkan jasa mereka atau tidak di masa mendatang.

Video robot android yang sedang membacakan berita bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.