Kompas.com - 26/06/2014, 12:32 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google membawa sistem operasi Android ke industri mobile melalui Android Auto. Perusahaan mengatakan mobil pertama yang mendukung Android Auto akan diluncurkan pada akhir tahun 2014.

Dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2014 di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (25/6/2014), Google menjelaskan bahwa Android Auto memanfaatkan peranti lunak Android L, versi terbaru dari sistem operasi robot hijau. Namun, Google memodifikasi tampilan antarmukanya agar cocok ditempatkan pada dashboard mobil.

Direktur Teknik Android di Google, Patrick Brady berharap, Android Auto dapat menekan angka kecelakaan kendaraan bermotor yang terus meningkat. "Harus ada cara yang lebih baik," kata Brady.

Android Auto dibekali aplikasi Google Now yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian dari perintah suara. Sistem ini juga dapat memerintahkan fitur pada peta digital dan navigasi Google Maps, pesan teks, dan aplikasi Play Music.

Tampilan yang muncul di dashboard mobil merupakan proyeksi dari ponsel pintar. Lebih dari itu, Google menjanjikan Android Auto kompatibel dengan tombol-tombol yang ada di dashboard atapun setir.

Pada awal 2014, Google telah bermitra dengan beberapa produsen mobile untuk membentuk Open Otomotif Alliance, termasuk Audi, General Motors, Honda, Hyundai, dan Kia.

Metode kerja Android Auto mirip dengan CarPlay buatan Apple, di mana tampilan pada dashboard mobil merupakan proyeksi dari iPhone. Jadi, baik Android Auto dan CarPlay bukan lah sebuah platform mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.