Kompas.com - 08/07/2014, 17:07 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Daya tahan baterai memang sedang menjadi sorotan vendor-vendor smartphone saat ini. Google bahkan membuat proyek khusus untuk memperpanjang sumber tenaga smartphone ini.

Rival Google, Apple juga kabarnya akan memperbaiki performa baterai milik iPhone 6 yang akan dirilis selanjutnya. Selain menambah kapasitas, Apple juga akan menyertakan software optimasi baterai.

Namun, menurut rumor yang beredar, kapasitas baterai iPhone 6 akan tetap di bawah kapasitas baterai smartphone Android. Rumor yang beredar di situs Phone Arena (7/7/2014), mengatakan bahwa iPhone 6 dengan layar 4,7 inci hanya dibekali baterai dengan daya 1800 - 1900 mAh.

Sementara untuk versi 5,5 inci-nya, Apple akan menyertakan baterai dengan kapasitas 2500 mAh. Kapasitas baterai itu disebut tetap ketinggalan jika dibanding smartphone-smartphone Android premium saat ini yang mulai mengadopsi baterai dengan daya di atas 3000 mAh.

Lalu, apakah ini berarti pengguna iPhone akan tetap menjadi "fakir colokan" di tempat-tempat umum? Bisa jadi tidak, sebab selain kapasitasnya sedikit bertambah (baterai iPhone 5s saat ini 1570 mAh), Apple kemungkinan juga menyertakan software optimasi dalam iPhone 6.

Software yang berguna untuk mengotimalkan daya tahan baterai tersebut bekerja dengan mengatur layar dan tugas-tugas aplikasi yang dikerjakan oleh sistem dalam perangkat.

Dengan software tersebut, diharapkan Apple bisa mendekati daya tahan baterai smartphone-smartphone Android.

Namun perlu diingat bahwa informasi kapasitas baterai yang beredar untuk iPhone 6 tersebut masih berupa rumor dan spekulasi. Bisa saja di masa mendatang Apple memberikan kapasitas baterai yang lebih besar, karena iPhone 6 juga masih dalam tahap pengembangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.