Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Rilis, iPhone 6 Dicibir Pembuat Gorilla Glass

Kompas.com - 17/07/2014, 11:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Ilustrasi penggunaan pelapis layar anti-gores Gorilla Glass pada produk laptop

KOMPAS.com - iPhone 6 dari Apple kabarnya bakal memiliki layar berlapis kaca safir yang sangat tahan terhadap goresan. Hal itu belum pasti terjadi, namun Corning, pembuat kaca anti-gores Gorilla Glass, sudah sibuk melempar "serangan".

Pabrikan itu, misalnya, merilis sebuah video berisi perbandingan ketahanan layar safir dan Gorilla Glass 3 terhadap tekanan. Dalam video yang dilansir BGR tersebut tampak bahwa layar Gorilla Glass 3 ternyata lebih tangguh dibanding material safir.

"Gorilla Glass mampu menahan tekanan hingga 2,5 kali lebih besar tanpa pecah," bunyi suara narator yang mendampingi video itu. Tayangan selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

iPhone 6 sendiri belum tentu bakal memiliki kaca safir. Tapi reaksi Corning seakan mengindikasikan bahwa kristal tersebut memang benar akan melapis layar iPhone 6 yang kabarnya bakal diluncurkan September mendatang.

Produk Gorilla Glass milik Corning selama ini adalah pilihan utama untuk kaca anti gores di gadget mobile. Bisnis perusahaan itu bisa terancam apabila Apple benar-benar beralih ke layar safir buatan sendiri, kemudian langkahnya diikuti para produsen gadget lain macam Samsung.

Maret lalu, Corporate Controller Corning, Tony Tripeny, menyatakan bahwa Gorilla Glass memiliki kelebihan lain dibandingkan layar safir dalam hal ongkos dan kemudahan produksi.

"Proses formasinya 4.000 kali lebih lama dibandingkan Gorilla Glass di tingkat temperatur yang lebih tinggi. Kekerasannya menjadikan safir sulit dibentuk dan mahal," ucap Tripeny ketika itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com