Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Rilis, iPhone 6 Dicibir Pembuat Gorilla Glass

Kompas.com - 17/07/2014, 11:12 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi penggunaan pelapis layar anti-gores Gorilla Glass pada produk laptop

KOMPAS.com - iPhone 6 dari Apple kabarnya bakal memiliki layar berlapis kaca safir yang sangat tahan terhadap goresan. Hal itu belum pasti terjadi, namun Corning, pembuat kaca anti-gores Gorilla Glass, sudah sibuk melempar "serangan".

Pabrikan itu, misalnya, merilis sebuah video berisi perbandingan ketahanan layar safir dan Gorilla Glass 3 terhadap tekanan. Dalam video yang dilansir BGR tersebut tampak bahwa layar Gorilla Glass 3 ternyata lebih tangguh dibanding material safir.

"Gorilla Glass mampu menahan tekanan hingga 2,5 kali lebih besar tanpa pecah," bunyi suara narator yang mendampingi video itu. Tayangan selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

iPhone 6 sendiri belum tentu bakal memiliki kaca safir. Tapi reaksi Corning seakan mengindikasikan bahwa kristal tersebut memang benar akan melapis layar iPhone 6 yang kabarnya bakal diluncurkan September mendatang.

Produk Gorilla Glass milik Corning selama ini adalah pilihan utama untuk kaca anti gores di gadget mobile. Bisnis perusahaan itu bisa terancam apabila Apple benar-benar beralih ke layar safir buatan sendiri, kemudian langkahnya diikuti para produsen gadget lain macam Samsung.

Maret lalu, Corporate Controller Corning, Tony Tripeny, menyatakan bahwa Gorilla Glass memiliki kelebihan lain dibandingkan layar safir dalam hal ongkos dan kemudahan produksi.

"Proses formasinya 4.000 kali lebih lama dibandingkan Gorilla Glass di tingkat temperatur yang lebih tinggi. Kekerasannya menjadikan safir sulit dibentuk dan mahal," ucap Tripeny ketika itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.