Kompas.com - 17/07/2014, 12:56 WIB
Operator seluler Tri Aditya Panji/Kompas.comOperator seluler Tri
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Tri mengaku mengincar sumber daya frekuensi tambahan di Indonesia untuk mengoptimalkan layanan dan mengantisipasi kenaikan trafik di masa depan.

Saat ini, Tri hanya memiliki sumber daya frekuensi seluas 10MHz di spektrum 1.800MHz dan 10MHz di spektrum 2.100MHz.

Perusahaan dilaporkan sempat meminta tambahan alokasi frekuensi 10MHz di 1.800MHz kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), namun belum ada keputusan terkait permintaan itu. Apalagi, spektrum 1.800MHz juga telah diisi penuh.

Yang paling memungkinkan adalah tambahan frekuensi di 2.100MHz yang digunakan untuk jaringan 3G, karena di sana tersisa dua blok atau 10MHz yang belum dimiliki oleh operator seluler manapun.

"Sebagai operator kami tentu mengharapkan sumber daya frekuensi tambahan, tetapi kami berusaha sebaik mungkin dengan sumber daya yang ada. Kami tetap membangun jaringan," ujar Bhuwan Kulshreshtha, Chief Commercial Officer Tri Indonesia.

Namun, untuk mendapatkan tambahan frekunesi di 2.100MHz, Tri harus bersaing dengan tiga operator seluler besar yang juga mengincar frekuensi tersebut, yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat.

Dalam diskusi terbatas di Jakarta, Rabu (17/7/2014), Bhuwan mengatakan Tri memiliki 40 juta pelanggan pada kuartal pertama 2014. Dari jumlah tersebut, sebanyak 70 persen atau sekitar 28 juta merupakan pelanggan data.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tri Indonesia kini dipimpin oleh Rajiv Sawhney sebagai CEO. Pria berkebangsaan India ini sebelumnya sempat terlibat dalam perintisan Tri di Indonesia pada 2005, lalu ia memilih mengembangkan karir di luar Indonesia.

Tri akan melanjutkan strategi bisnis yang agresif meningkatkan layanan data serta mengincar segmen anak muda di berbagai daerah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.