Jaringan Diperkuat, Operator Seluler Siap Sambut Lebaran

Kompas.com - 27/07/2014, 08:42 WIB
Menara base transceiver station (BTS) ShutterstockMenara base transceiver station (BTS)
Penulis Aditya Panji
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi menyatakan kesiapannya menyambut Hari Raya Lebaran tahun 2014 yang juga diiringi ramainya aktivitas mudik, dengan memperkuat kapasitas serta kualitas jaringan untuk melayani lonjakan trafik telepon, SMS, maupun internet.

Operator menyadari bahwa pada momentum Lebaran seperti ini banyak pelanggan yang menggunakan jasa mereka untuk berkirim pesan.

Operator Indosat, misalnya, telah menyiapkan kapasitas untuk layanan telepon sebesar 1,08 miliar menit percakapan per hari atau 18 juta Erlang per hari. Untuk kapasitas layanan SMS disiapkan 1,45 milyar SMS per hari dan untuk kapasitas layanan data disiapkan 335 Tera Byte per hari.

Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, memperkirakan kenaikan trafik tertinggi akan terjadi pada layanan internet lantaran banyak pengguna memanfaatkan media sosial dan pesan instan untuk berkomunikasi.

"Kami menyadari bahwa inti silaturahim dalam merayakan Lebaran adalah terjalinnya komunikasi yang baik dan lancar, dan dukungan telekomunikasi yang lancar akan membuat silaturahmi pelanggan kami semakin bermakna,” ucap Adrian.

Hal serupa juga dilakukan Telkomsel, yang memprediksi momentum Lebaran tahun ini akan mengalami lonjakan trafik dibandingkan trafik normal, yaitu layanan telepon sebesar 2 persen, SMS 14 persen, dan internet 30 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, pihaknya mengidentifikasi 762 lokasi yang bakal ramai dikunjungi oleh warga, di mana tempat tersebut juga akan mengalami lonjakan trafik internet cukup signifikan. Lokasi tersebut antara lain seperti bandara, stasiun kereta, tempat ibadah, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengantisipasi hal itu, lanjut Adita, perusahaan telah menyiapkan 54 BTS bergerak untuk menambahkan 672 BTS bergerak yang sudah ada.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.