Kompas.com - 12/08/2014, 08:12 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Google disinyalir sedang membuat sebuah laptop. Namun laptop tersebut bukan Chromebook yang selama ini sudah beredar, karena yang ini menggunakan sistem operasi Android Wear.

Kesimpulan tersebut diambil dari hasil uji benchmark yang muncul di situs GFXBench. Dalam situs tersebut, diberitakan Phone Arena (10/8/2014), perangkat dengan layar 10,3 inci tersebut memiliki spesifikasi yang lebih dekat dengan perangkat laptop, bukan tablet.

Mengapa bisa disimpulkan demikian? Dalam daftar spesifikasi di situs GFXBench, perangkat yang disebut Google Nexus Foo itu memiliki resolusi 1920 x 1080, dengan prosesor Tegra 4 1,9 GHz dan RAM 2 GB.

Hal yang membuat yakin perangkat itu adalah laptop adalah karena tidak disebutkannya fitur layar sentuh yang didukung. Selain itu, Nexus Foo tidak memiliki kamera belakang, hanya depan saja.

Nexus Foo memiliki Bluetooth dan WiFi, namun tidak memiliki akselerometer, barometer, GPS, kompas, sensor gyroscope, sensor cahaya, NFC, serta sensor proximity.

Karena spesifikasi itulah maka Google Nexus Foo disebut-sebut lebih sesuai menjadi sebuah laptop, alih-alih tablet.

Yang lebih menarik, perangkat tersebut didaftarkan menjalankan Android KKWT, yang merupakan build number dari Android Wear, sistem operasi Android yang dibuat Google untuk perangkat wearable, serta mengusung OpenGL ES 2.0.

Untuk diketahui, seluruh smartphone dan tablet Android 4.3 dan 4.4 yang beredar selama ini menjalankan versi OpenGL 3.0, sementara Android L yang baru diperkenalkan menjalankan OpenGL 3.1

Nama "Foo" yang digunakan Google juga jauh dari standar penamaan sandi perangkat Nexus-nya, yang selama ini menggunakan nama hewan akuatik.

Apa pun perangkat yang sedang disiapkan Google, jika memang benar-benar ada, maka perangkat tersebut bisa menjadi momok yang menakutkan, berbeda dari semua portofolio produk komersil Google yang ada selama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.