Kabel USB “Bolak-balik” Segera Hadir

Kompas.com - 16/08/2014, 13:29 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Kabel dan perangkat USB hanya bisa ditancapkan dengan orientasi yang benar. Kalau “kepalanya” terbalik, bisa dipastikan kabel atau perangkat tidak mau tersambung ke konektor.

Nantinya hal tersebut boleh jadi hanya akan menjadi kenangan masa lalu karena USB Promoter Group selaku pembuat standar USB telah selesai mengembangkan konektor USB tipe baru yang bisa ditancapkan tanpa perlu mengikuti orientasi tertentu.

Menurut kabar yang dilansir oleh Extreme Tech, konektor USB bernama “Type-C” itu sudah selesai dikembangkan dan siap diproduksi masal. USB Type-C diperkirakan sudah akan mulai bermunculan dalam waktu beberapa waktu ke depan.

Di samping kepala konektor yang bisa “bolak-balik”, kabel USB Type-C juga akan memiliki konektor yang sama pada kedua ujungnya, sehingga mempermudah pemakaian.

Pengguna nantinya tak perlu lagi berurusan dengan dua ukuran konektor yang berbeda, seperti pada kabel USB yang ada sekarang. Adapun kepala konektor USB Type-C berukuran kurang lebih sama dengan konektor Micro-USB.

USB Type-C tidak kompatibel dengan standar USB sebelumnya, tapi sebuah adapter bisa digunakan untuk menyambung kabel atau perangkat USB Type-C ke konektor tipe lama.

Di samping koenktor yang lebih disederhanakan, USB Type C yang memiliki 18 pin kontak juga memiliki kecepatan transfer data sangat tinggi, mencapai 10 Gbps.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.