Ini Beda Galaxy Note 4 Dibanding Note 3

Kompas.com - 05/09/2014, 07:00 WIB
Perbandingan tampilan depan Samsung Galaxy Note 3 (kiri) dan Note 4, sekilas nyaris tak tampak berbeda. KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHOPerbandingan tampilan depan Samsung Galaxy Note 3 (kiri) dan Note 4, sekilas nyaris tak tampak berbeda.
EditorLaksono Hari Wiwoho

BERLIN, KOMPAS.com
- Samsung secara resmi meluncurkan Galaxy Note 4 di Berlin, Jerman, awal September 2014. Phabletini merupakan suksesor Note 3 yang diklaim memiliki sejumlah keunggulan terbaru dan menjanjikan kemudahan kerja bagi penggunanya.

Apa saja yang menonjol pada sabak digital berkemampuan telefoni ini?

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Tampilan penampang samping pada Samsung Galaxy Note 3 (atas) dan Note 4. Bagian samping pada Note 4 terbuat dari logam murni dengan lekukan lebih menonjol untuk memperkuat bagian sudut.


Desain

Salah satu ciri pembeda pada Galaxy Note 4 dibandingkan kakaknya, Note 3, adalah materi pelapis handset. Sang adik Note 4 memang masih memakai bahan plastik dengan tekstur kulit pada casing belakang. Namun, produk terbaru ini menggunakan logam murni pada casing samping. Itu sebabnya Note 4 agak sedikit lebih berat (176 gram) ketimbang Note 3 (168 gram).

Seperti juga Galaxy Alpha, setiap sudut pada ujung Note 4 juga dibentuk melengkung dengan sedikit bagian menonjol. Ini dimaksudkan agar bagian ini kuat, terutama ketika telepon terjatuh ke tanah.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Sensor yang diletakkan di bawah kamera belakang Samsung Galaxy Note 4 berfungsi untuk mengukur detak jantung.


Prosesor & sensor

Galaxy Note 3 dilengkapi otak atau prosesor Snapdragon 800. Adapun suksesornya memakai quad-core Qualcomm Snapdragon 805 dengan kecepatan 2,7 GHz. Note 4 juga menggunakan pemroses grafis yang lebih baru, yakni Adreno 420.

Kelebihan lain pada Note 4 adalah keberadaan sensor khusus di bawah lensa kamera belakangnya. Sensor ini sama seperti pada Galaxy S5, yang dapat berfungsi memonitor detak jantung. Note 4 juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bagian tombol Home di bagian bawah handset. Kedua sensor ini tidak dimiliki oleh Note 3.

S Pen

Pena digital bukan hal baru di keluarga Note. Namun, S Pen terbaru yang disertakan dalam Note 4 ini diklaim memiliki kemampuan lebih baik. Selain dibuat lebih sensitif dari versi sebelumnya, stylus tersebut juga memiliki fitur komplet yang tak ditemui pada seri lama.

S Pen generasi terbaru ini juga bisa berfungsi layaknya mouse pada PC. Pengguna dapat dengan mudah menyeleksi teks maupun kumpulan gambar dengan cara memencet tombol di tengah pena, lalu tap & drag pada layar. Ada pula fitur Snap Note untuk mengoreksi gambar perspektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X