Kompas.com - 10/09/2014, 11:16 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Di tengah hiruk pikuk antusias menyambut perangkat Apple terbaru, ternyata Apple masih memiliki kejutan lain, yaitu mengakuisisi jejaring sosial Path.

Menurut sumber dalam Apple yang tergabung dalam tim teknis Apple, seperti ditulis oleh situs Pando, Selasa (9/9/2014), akuisisi Apple terhadap Path sudah sampai di tahap final.

"Sudah hampir selesai, mungkin malah sudah ditandatangani, pokoknya sudah deal," ujar sumber dalam Apple yang tidak mau disebut namanya itu. Belum jelas berapa nilai transaksi atas akuisisi Apple terhadap Path ini.

Untuk diketahui, Bakrie Global Group (Bakrie Telecom) pada Februari 2014 lalu juga membeli saham Path. Nilainya kurang dari satu persen. Bakrie merupakan salah satu dari sejumlah investor yang berpartisipasi dalam investasi Seri C untuk Path yang totalnya mencapai 25 juta dollar AS (atau Rp 304 miliar) pada Januari 2014. 

Baru-baru ini Path memisahkan layanan jejaring sosialnya dengan layanan messaging. Pengguna harus menginstal aplikasi messaging secara terpisah. Menurut Pando, bisa jadi layanan messaging yang satu ini diincar Apple.

Upaya Apple untuk mengakuisisi Path tersebut disinyalir sebagai usaha perusahaan untuk mengejar ketertinggalannya di ranah sosial. Jika dibandingkan dengan Facebook dan Google, Apple memang tergolong tertinggal di ranah sosial.

Besar kemungkinannya Apple mengincar nilai bisnis yang potensial dari jejaring sosial itu.

Perlu diingat bahwa hal ini baru rumor yang belum mendapatkan konfirmasi resmi, baik dari pihak Apple maupun Path.

Agar lebih jelasnya, mari kita sama-sama menunggu pengumuman resmi dari Apple tentang kabar akuisisi Path jika rumor ini terbukti benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.