Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Path di BlackBerry Belum Ada "Gara-gara" Android?

Kompas.com - 03/05/2014, 16:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 2013 lalu sempat beredar kabar bahwa aplikasi jejaring sosial untuk Path akan segera tersedia untuk platform BlackBerry. Namun informasi ini segera ditampik oleh pihak Path yang ternyata salah memberi keterangan.

Beberapa bulan berlalu, apakah Path sudah berubah pikiran? Ternyata belum. Apa alasannya?

"Untuk saat ini kami masih akan berfokus ke platform Android, iOS dan Windows Phone saja," ujar pendiri sekaligus CEO Path Dave Morin dalam percakapan dengan Kompas Tekno, Jumat (2/5/2014).

Bagi jejaring sosial itu, Android memang merupakan platform terpenting di Indonesia karena jumlah penggunanya adalah yang paling banyak dibandingkan platform lain.

Morin menjelaskan bahwa proporsi pengguna Path Indonesia yang memakai perangkat Android mencapai 60:40, dibanding iOS. Adapun proporsi pengguna Windows Phone belum bisa diungkapkan olehnya karena terhitung masih baru.

Kendati demikian, dia tak menutup kemungkinan untuk melebarkan sayap ke platform lain seperti BlackBerry di masa depan. Semuanya tergantung pada permintaan pengguna. "Kalau banyak yang meminta, tentu akan kami pertimbangkan, tapi untuk sekarang kami konsentrasi dulu ke Android, iPhone dan Windows Phone."

Tetap di mobile

Morin juga menegaskan bahwa Path sejauh ini belum berencana melakukan ekspansi ke ranah desktop/web.

Hal itu disebutnya berkenaan dengan keterbatasan sumber daya tim Path yang masih relatif kecil sehingga harus berkonsentrasi pada sejumlah kecil platform pilihan yang paling populer saja.

"Mobile adalah platform untuk berkreasi, bisa dipakai untuk mengambil foto dan lain sebagainya, sangat berbeda dari komputer (desktop). Jika pengguna kami terbelah antara platform komputer dan mobile, maka pengalaman mereka juga akan berbeda… Lebih baik kalau pengalaman ini seragam untuk semua pengguna," kata Morin, menjelaskan alasan lainnya.

Maka, Path memutuskan untuk fokus di mobile melalui Android, iOS, dan Windows Phone.

Morin juga antusias dengan perkembangan gadget mobile. Dia percaya bahwa perangkat-perangkat seperti wearable device dan aneka macam sensor untuk memonitor aktivitas dan kesehatan pengguna akan menjadi arah perkembangan berikutnya untuk media sosial.

"Itu membantu kami untuk fokus di masa depan, ketimbang tertahan di masa lalu dengan PC," pungkas Morin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com