Ini Dia 10 Negara dengan Internet Terkencang

Kompas.com - 03/10/2014, 08:40 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi.

KOMPAS.com — Akamai Technologies Inc kembali merilis laporan State of the Internet untuk edisi kuartal II 2014. Dalam periode ini, lembaga penyedia layanan cloud tersebut mencatat kenaikan kecepatan rata-rata akses internet di seluruh dunia sebesar 21 persen dibanding kuartal sebelumnya, yakni dari 3,9 Mbps menjadi 4,6 Mbps.

Kenaikan itu untuk pertama kalinya menempatkan kecepatan rata-rata akses internet dunia di atas ambang batas 4 Mbps yang dikategorikan Akamai sebagai akses internet "broadband".

Kecepatan akses di masing-masing negara yang masuk dalam daftar 10 negara dengan "internet terkencang" tercatat turut mengalami kenaikan. Peningkatan terbesar dialami oleh Hongkong yang mencatat angka kecepatan rata-rata akses internet sebesar 18 persen.

Korea Selatan menunjukkan peningkatan yang lebih kecil, sekitar 4 persen, tetapi negara ini masih duduk di urutan teratas akses internet terkencang dengan angka rata-rata sebesar 24,6 Mbps, jauh lebih tinggi dibandingkan Hongkong yang duduk di urutan kedua yang mencatat kecepatan rata-rata 15,7 Mbps.

Akamai Technologies Inc. Daftar sepuluh negara dengan kecepatan rata-rata akses internet terkencang menurut laporan State of the Internet untuk kuartal-2 2014 dari Akamai Technologies Inc.


Jepang tergeser dari posisi kedua terkencang di kuartal sebelumnya menjadi urutan keempat dengan capaian rata-rata 14,9 Mbps. Secara umum, daftar 10 negara dengan internet terkencang dari Akamai masih didominasi oleh para "pelanggan" lama.

Di samping Korea Selatan, Hongkong, dan Jepang, negara-negara lain yang termasuk dalam daftar ini adalah Swiss, Belanda, Swedia, Latvia, Irlandia, Ceko, dan Romania.

Bagaimana dengan Indonesia? Kecepatan rata-rata akses internet di Tanah Air mengalami peningkatan sebesar 5,1 persen dari kuartal sebelumnya menjadi 2,5 Mbps. Angka ini masih di bawah kecepatan rata-rata akses internet dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.