"Smartwatch" Android Wear Bisa Jalankan Windows 95

Kompas.com - 08/10/2014, 09:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Jam tangan pintar Gear Live menjalankan Windows 95

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Windows 95? Sistem operasi lawas tersebut ternyata bisa berjalan di gadget pintar masa kini. Itulah yang dibuktikan oleh pengguna YouTube bernama Corbin Davenport.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Android Police, Rabu (8/10/2014), Davenport berhasil memasang Windows 95 di sebuah smartwatch Samsung Gear Live yang aslinya menjakankan OS Android Wear.

Video yang direkam oleh Davenport bahkan menunjukkan bahwa sistem operasi desktop lawas itu bisa menerima input melalui layar sentuh selebar 1,6 inci milik Gear Live.

Bagaimana cara Davenport "menanam" sistem operasi desktop lawas di jam tangan pintar?

Rupanya ia menggunakan emulator DOS bernama ADosBox yang memungkinkan perangkat berbasis ARM menjalankan software yang ditulis untuk arsitektur x86.

Namanya hasil emulasi, kerja Windows 95 di Gear Live pun tak sempurna. Sistem operasi yang berjalan di luar habitatnya itu membutuhkan waktu "booting" selama beberapa menit.

Ketika Davenport mencoba menjalankan aplikasi, Windows 95 ini pun menampilkan pesan kehabisan memori virtual sehingga boleh dibilang tak memiliki kegunaan praktis.

Meski demikian, percobaan Davenport tetap membuktikan bahwa sistem operasi lawas masih bisa dijalankan di gadget masa kini yang memang mengusung spesifikasi teknis jauh lebih mumpuni dibandingkan komputer desktop 20 tahun yang lalu.

Pada era awal Windows 95, komputer desktop umumnya mengusung prosesor pada kisaran 100 MHz dan jumlah RAM 16/ 32 MB, jauh di bawah Gear Live yang memiliki chip 400 MHz dan RAM 512 MB.

Davenport sendiri dikenal memiliki kegemaran menjalankan program-program dari platform lain di jam tangan pintar miliknya. Sebelum ini, ia pernah menjalankan game Doom dan Minecraft, juga di Samsung Gear Live.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.