Kompas.com - 09/10/2014, 10:55 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan diluncurkannya smartphone HTC Desire Eye, HTC juga memperkenalkan kamera genggam kecil yang bisa merekam video Full HD 1080p, dengan nama yang sederhana, Re.

Kamera HTC Re memiliki bentuk menyerupai periskop dengan tombol minimalis dan tanpa jendela bidik. Menurut President HTC America, Jason Mackenzie, desain itu sengaja dibuat untuk menonjolkan kesan sederhana.

Sementara CEO HTC, Peter Chou mengatakan bahwa dengan kamera Re ini, HTC ingin mengajak pengguna benar-benar menikmati aksinya, bukan melihatnya melalui jendela bidik.

"Kami ingin membawa pengguna Re di belakang viewfinder, dan menikmati aksi yang terjadi," ujar Chou seperti dilansir KompasTekno dari BBC (8/10/2014).

HTC melengkapi kamera Re dengan sensor CMOS ukuran 1/2,3 inci, resolusi 16 megapixel, dan kemampuan perekaman video Full HD 1080p (720p dalam gerak lambat), dengan lensa sudut lebar 146 derajat dan diafragma lebar f/2,8.

Kamera dengan dimensi 96,7 x 26,5 mm dan bobot 65,5 gram ini diklaim tahan air dan debu dengan rating IP57. Kamera Re mengandalkan penyimpanan eksternal dengan kartu microSD yang menampung kapasitas hingga 128 GB.

Kapasitas baterai yang disertakan HTC adalah 820 mAh dengan rating 1.200 potretan foto 16 megapixel, atau perekaman video tanpa henti Full HD durasi 1 jam 40 menit.

Terdapat juga aplikasi "RE App" yang bisa menghubungkan kamera dengan smartphone Android dan iOS sebagai jendela bidiknya. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

Kamera Re akan dipasarkan di kawasan Amerika dan Eropa dengan banderol harga 200 dollar AS (sekitar Rp 2,5 juta) mulai akhir bulan Oktober. Menyusul kemudian negara-negara di kawasan lain.

Dengan bentuk yang kecil, fitur perekaman Full HD dengan lensa sudut lebar, serta ketahanan terhadap air, banyak pengamat yang mengatakan kamera Re ini bisa menjadi pesaing kamera GoPro yang memiliki fitur serupa.

Spesifikasi:

Kamera: Sensor CMOS 1/2,3 inci 16 megapixel, lensa sudut lebar 146 derajat, diafragma f/2,8
Video: 1080p @30fps, 720p @4x slow motion, time-lapse
Kompatibilitas: Android 4.3 ke atas dengan Bluetooth LE, iOS 7 or yang terbaru
Desain: tahan air dan debu rating IP57 ( IP58 dengan penutup lensa)
Dimensi/bobot: 97 x 27 mm / 65,5 g
Memroi: microSD 8 GB disertakan, ekspasni hingga 128 GB 
Sensor: Grip sensor, G-
Konektivitas: Bluetooth 4.0 LE (low energy), Wi-Fi (802.11n), microUSB, tripod 1/4 in
Audio: HD microphone, speaker
Baterai: 820mAh (1.200 potretan resolusi 16 megapixel atau perekaman video 1 jam 40 menit dalam resolusi Full HD video)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.