Kompas.com - 30/10/2014, 12:52 WIB
Salah satu model kulkas pintar androidheadlines.comSalah satu model kulkas pintar
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bagi Indonesia, teknologi telekomunikasi seluler generasi keempat (4G) ibaratnya sudah di ambang pintu. Nantinya, jika sudah benar-benar hadir, 4G akan dimanfaatkan oleh berbagai perangkat.

Jelas, perangkat ponsel, tablet dan gadget lain akan menjadi yang pertama "mengantre" untuk memanfaatkan akses 4G LTE.

Namun, perangkat lain juga bakal bisa memanfaatkannya. Yaitu perangkat yang kerap disebut sebagai Internet of Things, seperti kulkas atau televisi pintar.

Ya, perangkat sehari-hari yang tadinya biasa-biasa saja semakin lama semakin banyak yang dibenamkan teknologi akses ke jaringan.

Berbagai produsen sudah menampilkan kulkas, penyejuk ruangan, televisi dan bahkan mesin cuci yang bisa terhubung ke jaringan internet.

Kebanyakan perangkat itu menggunakan koneksi WiFi. Namun ke depannya, dengan lebarnya akses yang dihadirkan oleh 4G, bukan tidak mungkin perangkat-perangkat tersebut juga akan memanfaatkan 4G.

Dan ini tidak tertutup hanya bagi produsen perangkat yang datang dari luar negeri. Pengembang di Indonesia saat ini juga banyak yang telah memanfaatkan Internet of Things, misalnya untuk kendali rumah pintar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat ini kan kondisinya, teman-teman (pelaku industri) siap. Namun yang saya lihat justru infrastrukturnya yang belum siap," kata Lolly Amalia Abdullah, Direktur Kerjasama dan Fasilitasi, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan IPTEK, Kemenparekraf.

Menurutnya, saat meresmikan Pusat Kreatif Digital Depok di awal Oktober 2014, infrastruktur adalah salah satu kunci agar pelaku industri kreatif digital bisa mengembangkan produknya.  

"Ke depannya, tren pengembangan aplikasi itu kan bisa ke Big Data, Internet of Things dan lainnya. Ada banyak kesempatan untuk aplikasi," ia menambahkan.

Ia berharap dengan hadirnya teknologi terbaru di telekomunikasi seluler itu, memungkinkan aplikasi internet of things. Misalnya, ujar Lolly, lemari es yang bisa memeriksa inventarisnya dan melakukan komunikasi ke supermarket saat ada bahan yang habis.

Maka hadirnya 4G, yang boleh dibilang sudah "mengetuk pintu" Indonesia, tak hanya ditunggu oleh pengguna ponsel, tapi juga untuk diterapkan di kulkas, televisi atau mesin cuci. Bukan tidak mungkin kan?



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X