Rahasia Pendinginan Android Tipis Oppo R5

Kompas.com - 10/11/2014, 17:19 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi cangkang tipis Oppo R5

KOMPAS.com - Di samping bodi tipis tak sampai 5 mm, hal lain yang dibanggakan Oppo pada salah satu smartphone terbarunya, R5, adalah sistem pendinginan berbasis material "liquid metal".

Kalau biasanya ponsel hanya mengandalkan grafis untuk mendinginkan prosesor, menurut informasi tertulis yang diterima Kompas Tekno, R5 turut memakai bahan bernama phase-change metal (PCM).

PCM ditempatkan di antara prosesor dan grafit untuk meningkatkan efisiensi  pendinginan.

Disebut "phase-change" karena bahan serupa logam ini bisa berubah bentuk pada suhu 45 derajat celcius sehingga mengisi seluruh ruang antara prosesor dan grafis untuk membantu penghantaran panas.

Oppo menyebutkan bahwa material PCM bisa bertahan selama 96 jam secara terus menerus pada suhu 70 derajat celsius, serta memiliki daya tahan selama lebih dari tiga tahun.

R5 sendiri dibekali prosesor octa-core Snapdragon 615 1,5 GHz yang memiliki delapan buah inti. Spesifikasi lain mencakup RAM 2GB, kapasitas media internal 16GB, baterai 2.000 mAh, kamera 13 megapixel, OS Android 4.4 Kitkat, dan layar 5,2 inci (1920x1080).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.