Moto G Jadi yang Pertama Cicipi Android Lollipop

Kompas.com - 12/11/2014, 14:09 WIB
Motorola Moto G. MotorolaMotorola Moto G.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Motorola Moto G dikabarkan telah mendapatkan update sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Dengan demikian, Moto G menjadi perangkat smartphone Android pertama yang mencicipi sistem operasi terbaru dari Google ini.

Dilansir ArsTechnica pada Rabu (12/11/2014), pengguna Motorola Moto G versi unlocked di Amerika Serikat sudah bisa mengunduh pembaruan Android 5.0 Lollipop sebesar 386,7 MB.

Sebelumnya, dua model smartphone lain, Moto X dan LG G3 juga dikabarkan bakal segera mendapatkan Android 5.0 Lollipop, namun keduanya saat ini masih dalam tahap pengujian.

Motorola Moto G sendiri selama ini dikenal memiliki versi Android "stock" yang bersih dari aplikasi sampah (bloatware). Karena itu, update yang diberikan oleh Motorola fokus kepada hal-hal yang juga akan hadir dalam semua perangkat smartphone seri Moto, serta Nexus (diproduksi oleh Motorola juga).

Fitur-fitur yang menyertai Android 5.0 tersebut meliputi antarmuka baru "Material Design," notifikasi di layar kunci (lockscreen), dukungan multi-user, serta software peningkatan daya tahan baterai yang disebut dengan "Project Volta."

Namun perlu diketahui, update Android 5.0 Lollipop baru tersedia untuk perangkat Motorola Moto G generasi kedua. Walau memiliki hardware yang identik, namun Moto G generasi pertama yang dirilis 2013 belum bisa diperbarui ke Lollipop.

Setelah Moto G ini, diperkirakan update-update Lollipop untuk perangkat seri Moto dan keluarga Nexus lainnya akan segera dirilis dalam waktu dekat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.