Google Sewa Hanggar NASA 60 Tahun, untuk Apa?

Kompas.com - 12/11/2014, 16:49 WIB
Hangar One. NASAHangar One.
EditorReza Wahyudi
Google akan menyewa lapangan terbang milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) demi mengembangkan penelitian luar angkasa.

Planetary Ventures, sebuah perusahaan cabang dari Google, akan mengambil alih pengelolaan Moffett Federal Airfield yang terletak di kawasan Silicon Valley, California.

Lapangan terbang ini sudah sering digunakan sebagai landasan jet pribadi para petinggi Google mengingat lokasinya hanya berjarak sekitar 6,5 kilometer dari markas Google.

Google belum memberikan bocoran persis bagaimana lapangan terbang itu akan digunakan.

Tapi, menurut siaran pers NASA, lapangan terbang itu akan digunakan untuk "penelitian, pengembangan, perakitan dan pengujian di bidang eksplorasi luar angkasa, penerbangan, robotika dan sejumlah kegiatan teknologi lainnya".

NASA menawarkan perjanjian sewa lapangan terbang kepada Google sebesar 1,16 miliar dollar AS (sekitar Rp 19,5 triliun) dalam jangka waktu 60 tahun.

"Ketika NASA memperluas kehadirannya di ruang angkasa, kami membuat sejumlah langkah untuk mengurangi jejak kami di Bumi," kata Ketua NASA, Charles Bolden.

Adapun bagi Google, investasi ini merupakan kesempatan untuk memperbaiki sebuah bangunan ikonik.

Perbaikan bangunan Hangar One akan menjadi bagian dari kesepakatan itu, yang menjadi ciri khas Silicon Valley.

Planetary Ventures berencana untuk berinvestasi lebih dari 200 juta dollar AS dalam membangun kembali Hangar One dan dua hangar lainnya di tempat itu.

Mereka akan menciptakan fasilitas pendidikan di mana masyarakat dapat menjelajahi peran teknologi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X