Ini Dia, Android yang Bisa Hasilkan Foto "RAW"

Kompas.com - 14/11/2014, 14:13 WIB
Menggunakan Oppo N3 untuk menjepret selfie di luar ruangan (model: Hadassah A., Host Kompas Video) oik yusuf/ kompas.comMenggunakan Oppo N3 untuk menjepret selfie di luar ruangan (model: Hadassah A., Host Kompas Video)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Menggunakan Oppo N3 untuk menjepret selfie di luar ruangan (model: Hadassah A., Host Kompas Video)

KOMPAS.com - Oppo N3 dibekali dengan teknologi unik berupa kamera yang bisa diputar ke arah depan maupun belakang secara otomatis. Jadi, Oppo N3 cukup menggunakan satu kamera utama untuk menangkap gambar dari dua sisi depan dan belakang.

Kamera putar ini membuat hasil foto selfie di Oppo N3 bisa setara hasil jepretan sebuah objek yang biasa dihasilkan kamera utama/belakang.

Kamera putar itu sekaligus memungkinkan Oppo N3 menjalankan mode pengambilan gambar khusus bernama "Auto Panorama" di mana kamera berputar sendiri secara perlahan untuk mengambil foto pemandangan di sekitar pengguna.

Di luar kemampuan tersebut, Oppo N3 juga mampu menyimpan gambar dengan format gambar "mentah" alias RAW (DNG) yang bisa dibuka dengan program pengolah gambar, seperti Adobe Lightroom atau Photoshop.

Dengan format ini, secara teori pengguna bisa melakukan editing dengan lebih fleksibel ketimbang hanya mengandalkan engine JPEG default dari smartphone.

Parameter noise reduction dan sharpening, misalnya, bisa diatur sesuai selera, demikian pula detil di area shadow dan highlight yang bisa "dikeluarkan" dengan tingkat lebih tinggi dari format JPEG.

oik yusuf/ kompas.com
Antarmuka aplikasi kamera Oppo N3 memperlihatkan mode RAW sedang aktif, ditandai dengan label RAW di icon tombol shutter

Ketika mengambil gambar dalam mode RAW, Oppo N3 akan merekam foto dengan dua format, yaitu DNG dan JPG. File JPG bisa dibuka lewat aplikasi gallery di ponsel sehingga memberikan preview hasil jepretan yang mudah diakses, sementata file RAW dalam format DNG hanya bisa dibuka dengan program komputer.

oik yusuf/ kompas.com
Hasil tangkapan gambar format RAW/ DNG dari Oppo N3 yang dibuka dengan aplikasi Adobe Lightroom 4.4 menunjukkan keanehan white balance dan tone keseluruhan (kanan). Sebaliknya, foto yang sama dengan format JPEG tampak normal

Di sini terdapat sedikit keanehan karena file RAW hasil tangkapan Oppo N3 terlihat jauh berbeda dibandingkan gambar yang sama dengan format JPEG. White balance dan tone keseluruhan terlihat kacau sehingga foto tampak seolah ditambahi semacam filter cross process.

Mungkin hal tersebut disebabkan oleh persoalan software yang bisa diperbaiki melalui update di masa depan. Hasil foto JPEG dari Oppo sendiri tidak bermasalah dan terlihat cemerlang di bawah cahaya luar ruangan. Seperti apa? Berikut ini beberapa contoh jepretannya.

oik yusuf/ kompas.com
Warna-warna tampak cerah di foto tangkapan kamera Oppo N3
oik yusuf/ kompas.com Hijau dan detail dedaunan bisa diabadikan dengan apik oleh Kamera Oppo N3. Pada gambar bunga (kanan) tampak kemampuan smartphone ini menjepret gambar dengan efek depth of field (blur) dari jarak dekat
oik yusuf/ kompas.com Dalam kondisi kontras tinggi, kamera Oppo N3 cenderung menghasilkan metering yang cukup akurat, tapi dalam beberapa kasus (seperti gambar gedung di sebelah kiri) masih butuh sedikit penyesuaian exposure
oik yusuf/ kompas.com Dalam kondisi outdoor (setting ISO rendah) kamera Oppo N3 menghasilkan foto yang kaya detail

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X