Begini Cara Mematikan Fitur "Read" di WhatsApp Android

Kompas.com - 17/11/2014, 09:58 WIB
Fitur ist.Fitur "Read" di WhatsApp sudah dinonaktifkan.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - WhatsApp secara diam-diam mengeluarkan pembaruan aplikasi yang menyertakan pilihan penonaktifan fitur "Read" alias notifikasi keterbacaan pesan. Namun, opsi untuk mematikan fitur yang ditandai dengan tanda centang ganda berwarna biru tersebut baru tersedia untuk perangkat Android.

Menurut pantauan KompasTekno, Senin (17/11/2014), file pembaruan tersebut harus diunduh dari situs resmi WhatsApp, belum tersedia di toko aplikasi Google Play Store.

Pengguna Android harus mengunduh file pembaruannya di  situs web WhatsApp yang beralamat http://ww.whatsapp.com/download atau mengunduh versi WhatsApp 2.11.444 tersebut langsung dari tautan ini.

Untuk mematikan fitur "Read", pengguna Android bisa mengakses menu "Settings > Account > Privacy" kemudian hilangkan tanda centang di opsi 'Read receipts'.

Update ini akan dikabarkan akan resmi tersedia pertama kali untuk Android 5.0 Lollipop baru kemudian disebar toko aplikasi platform lainnya dalam beberapa minggu ke depan.

Fitur "Read Receipt" ini baru diluncurkan pada minggu lalu. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengetahui pesan yang dikirimnya sudah dibaca atau belum. WhatsApp akan memberikan tanda centang biru ganda untuk pesan pengirim yang sudah dibaca penerima.

Fitur yang sebenarnya berguna itu ternyata tak sepenuhnya direspons positif oleh pengguna WhatsApp. Cukup banyak pengguna menyayangkan kehadiran fitur yang sudah sejak lama dimiliki BlackBerry Messenger di WhatsApp.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X