Kompas.com - 17/11/2014, 14:10 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Microsoft mulai meluncurkan layanan Skype berbasis browser web. Layanan yang diberi nama Skype for Web tersebut hadir dalam update untuk browser-browser Internet Explorer, Chrome (sementara untuk OS Windows saja), Firefox, dan Safari.

Menurut blog resmi Skype, pada Jumat (14/11/2014) dikutip KompasTekno, langkah mengintegrasikan layanannya dengan browser itu adalah untuk mengakomodir pengguna komputer yang belum memasang software Skype, atau jika mereka menggunakan komputer lain saat bepergian dan tidak bisa mengunduh Skype.

Namun, layanan Skype for Web sifatnya masih terbatas. Tidak semua pengguna bisa menikmatinya kecuali mereka yang mendapat undangan dari Skype melalui e-mail atau saat log in di skype.com.

Selain itu, layanan tersebut juga masih merupakan beta dan membutuhkan plugin untuk berjalan di browser web hingga nanti versi Web Real-Time Communication (WebRTC) resmi diluncurkan. Saat itu, Skype akan tersedia gratis untuk pengguna web.

Menurut pengakuan Skype, jumlah penggunanya saat ini telah mencapai 300 juta orang lebih. Mereka menghabiskan total 33 juta jam dalam melakukan panggilan suara dan video dengan Skype setiap harinya.

Aplikasi Skype juga telah hadir di berbagai perangkat. Selain di komputer, Skype juga tersedia di smartphone, TV, dan bahkan konsol game.

Skype mulai menggelar layanannya sejak 2003 sebelum akhirnya diakuisisi Microsoft pada 2011 dengan nilai 8,5 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Blog Skype



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.