Kompas.com - 25/11/2014, 08:44 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Semua komputer yang ada di perusahaan distribusi film, Sony Pictures, dilaporkan telah diretas pada dini hari tadi. Sebuah thread di situs Reddit mengatakan, semua komputer di perusahaan yang memproduksi film Amazing Spiderman itu offline.

Menurut pengakuan salah satu karyawan Sony Pictures di situs Reddit, layar komputer semua karyawan menampilkan foto dengan tulisan "hacked by #GOP", dan peretas tersebut menuntut agar permintaan mereka dipenuhi, tanpa merinci permintaan yang dimaksud.

Jika Sony Pictures tidak memenuhi permintaan mereka dalam jangka waktu yang ditetapkan, hingga 24 September pukul 11.00 GMT, para peretas tersebut akan menyebarkan dokumen-dokumen penting perusahaan, seperti laporan keuangan dan password server.

Dikutip KompasTekno dari situs The Next Web, Selasa (25/11/2014), seorang sumber dalam dari Sony Pictures yang tidak mau namanya disebut membenarkan informasi mengenai serangan terhadap perusahaannya itu.

Menurut dia, sebuah server telah berhasil dibobol oleh pihak luar, dan serangan tersebut berasal dari server tersebut.

Semua karyawan Sony Pictures dipulangkan, dan mereka bekerja dari rumah karena sambungan internet pun terputus. Mereka juga disarankan untuk tidak mengakses jaringan perusahaan atau membuka e-mail mereka.

Selain itu, karyawan Sony juga diminta untuk menonaktifkan Wi-Fi dalam perangkat mobile mereka saat di kantor.

Pihak Sony mengatakan sudah mengetahui pembobolan servernya, dan mengatakan sedang menginvestigasi masalah IT tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.