Kompas.com - 02/12/2014, 11:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft mengakuisisi perusahaan rintisan (startup) pembuat aplikasi e-mail, Acompli. Saat ini, aplikasi e-mail Acompli tersedia di ekosistem iOS dan Android.

Langkah Microsoft itu disinyalir untuk menghadirkan aplikasi e-mail yang bisa lebih diandalkan di ranah mobile dibanding Outlook.

Akuisisi tersebut diumumkan oleh Microsoft di halaman web resminya pada Senin (1/11/2014). Situs teknologi Recode menyebut Microsoft membayar Acompli senilai 200 juta dollar AS (sekitar Rp 2,4 triliun). Meski demikian, pihak Microsoft belum mengumumkan secara resmi nilai akuisisi tersebut.

Pihak Acompli membenarkan kabar akuisisi tersebut dalam postingan di blognya. "Delapan belas tahun lalu kami membuat Acompli untuk membuat e-mail mobile lebih baik, kini perjalanan itu berlanjut dengan Acompli menjadi bagian dari organisasi yang besar (Microsoft)," demikian tulis Acompli.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (1/12/2014), di Microsoft, Acompli akan berada dalam tim Office 365 dan menjadi grup independen yang fokus membangun aplikasi e-mail mobile untuk platform iOS dan Android.

Aplikasi Acompli juga disebut tetap akan beroperasi seperti normal dan aplikasinya tidak akan dihapus dari Apple App Store maupun Google Play Store.

Detail lain tentang kesepakatan akuisisi Microsoft terhadap Acompli masih dibahas, seperti apakah Acompli akan di-branding ulang (seperti Nokia Lumia) atau aplikasinya akan dijual secara terpisah sebagai bundel produk Microsoft.

Dengan akuisisi ini, Microsoft sedang menaruh banyak perhatian ke ranah mobile. Sebelumnya, Microsoft juga telah bekerja sama dengan penyedia layanan penyimpanan cloud, Dropbox.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.