Puluhan Tahun Hiasi Office, Clip Art Dipensiunkan

Kompas.com - 04/12/2014, 13:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Beberapa contoh kartun ilustrasi dari koleksi Clip Art

KOMPAS.com - Pernah memasukan Clip Art ke dalam dokumen Word atau PowerPoint? Aneka gambar ilustrasi yang disediakan Microsoft dalam paket software Office ini akrab dengan para pemakai komputer selama puluhan tahun.

Tapi kini pengguna Office harus mengucap selamat tinggal pada Clip Art karena library online yang memuat ratusan ribu gambar ilustrasi itu telah ditutup oleh Microsoft.

Alasan penutupan library Clip Art sederhana saja. Ketimbang mencari gambar dari koleksi gambar tersebut, pengguna komputer sekarang lebih suka mengandalkan image search di internet lewat mesin pencari Google. Clip Art pun sepi peminat.

“Angka penggunaan library gambar Office terus menurun dari tahun ke tahun seiring dengan semakin condongnya pengguna ke arah mesin pencari,” tulis Microsoft dalam posting blog berisi pengumuman yang dikutip Kompas Tekno dari The Verge, Rabu (3/12/2014).

Penutupan akses library Clip Art berlaku untuk versi-versi Microsoft Office hingga Office 2003. Pengguna masih bisa menambah gambar ke dalam dokumen Office yang sudah disimpan ke perangkat.

Sebagai ganti Clip Art, Microsoft menyediakan gambar-gambar ilustrasi dari Bing Image Search. Rangkaian gambar yang diperoleh dari Bing Image Search ini bebas royalti karena disaring berdasarkan lisensi Creative Commons.

Cara lainnya, tentu saja, adalah dengan mencari gambar di internet dengan mesin pencari lain seperti Google.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.