Kompas.com - 08/12/2014, 18:42 WIB
Telkomsel 4G LTE Reska K. Nistanto/KOMPAS.comTelkomsel 4G LTE
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel secara resmi menggelar layanan 4G LTE bagi pelanggannya di Indonesia. Namun, layanan telekomunikasi seluler generasi ke-empat tersebut belum mencakup seluruh wilayah Indonesia, melainkan hanya wilayah Jakarta dan Bali saja.

Di Jakarta dan Bali pun cakupan layanan 4G LTE belum merata di semua tempat. Area mana saja yang menjadi cakupan layanan broadband ini?

Dijelaskan oleh Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga di sela acara peluncuran layanan tersebut di Jakarta, Senin (8/12/2014), layanan 4G LTE Telkomsel memang digelar secara bertahap. Untuk tahap awal, Telkomsel menyiapkan 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali yang tersebar di 200-an tempat.

Jaringan 4G LTE Telkomsel didukung oleh jaringan outdoor dan indoor Telkomsel di lokasi yang telah diidentifikasi memiliki lalu-lintas data tinggi.

Di Jakarta sendiri, jaringan outdoor 4G LTE Telkomsel meliputi beberapa area di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Tempat-tempat tersebut antara lain Bandara Soekarno-Hatta, area Sudirman,  Semanggi,  SCBD (Sudirman Central Business District), Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M.

Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor, Telkomsel mengatakan jaringannya tersebar di 43 titik, seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial dan  GraPARI Telkomsel. Untuk mal sendiri termasuk di dalamnya adalah Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, dan Kota Kasablanka.

Sementara untuk wilayah Bali, jaringan outdoor 4G LTE Telkomsel diklaim mencakup sekitar 90% wilayah kota Denpasar, yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur. Selain itu, 80% wilayah kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu juga diklaim Telkomsel telah tercakup jaringan 4G LTE mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk jaringan indoor di Bali, terdapat di kawasan bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro.

Untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di indoor, Telkomsel bekerjasama dengan PT Telkom yang menyediakan layanan WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G).

Karena keduanya bersifat seamless, maka pelanggan yang keluar dari jangkauan 4G LTE Telkomsel secara otomatis akan dilayani oleh jaringan Telkomsel 3G. Dengan demikian, layanan pelanggan tidak akan terputus.

Setelah Jakarta dan Bali, ke depannya, Telkomsel berjanji akan menyediakan layanan 4G LTE di lebih banyak kota dan propinsi secara bertahap. "Hingga 2019 kami berencana meluaskan layanan 4G LTE hingga ke 22 propinsi di seluruh Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati layanan ini”, ungkap Alex.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.