Kompas.com - 17/12/2014, 14:06 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan kemanan internet Sucuri menemukan ada sekitar 100.000 situs web terjangkit malware Soaksoak. Malware yang disebut masih misterius ini menyerang situs yang berbasis Wordpress.

Pengunjung situs yang terinfeksi Soaksoak akan diarahkan mengunduh muatan berbahaya dari sebuah situs berdomain negara Rusia, www.soaksoak.ru.

Belum ditemukan bagaimana ribuan situs berbasis Wordpress bisa terinfeksi Soaksoak. Meski demikian, pemilik situs yang menggunakan Wordpress sebagai platform web tidak perlu khawatir karena keberadaan malware tersebut bisa dideteksi dan diobati.

Dikutip KompasTekno dari Ars Technica, Selasa (16/15/2015), untuk mengetahui ada tidaknya malware tersebut dalam sebuah situs Wordpress, dapat dicek melalui Site Check milik Sucuri ini yang beralamat di http://sitecheck.sucuri.net.

Bila terlanjur terinfeksi, salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan menghapus kode yang disematkan pada script "wp-includes/template-loader.php".

Admin situs berbasis Wordpress yang menggunakan plug-in RevSlider pun harus memastikan komponen web itu sudah menggunakan versi terbaru.

Selain itu, disarankan untuk mengganti file "swobject.js" dan "template-loader.php" dengan file yang bersih dari malware. Tindakan ini bisa menghilangkan infeksi Soaksoak, meski tidak memperbaiki sisa-sisa kerusakan, seperti backdoor dan titik masuk yang dibuat oleh malware.

Namun perusahaan keamanan internet Sucuri dalam blog-nya mengingatkan, “Jika Anda diserang malware ini, Anda akan dipusingkan dengan backdoor dan infeksi yang ada. Anda bukan cuma harus membersihkan, tapi juga harus menghentikan serangan tersebut. Cara menghentikannya adalah menggunakan sebuah firewall, milik kami atau milik orang lain, yang penting Anda menggunakan firewall asli.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.