Kompas.com - 18/12/2014, 15:27 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Konsol game PlayStation 4 (PS4) dari Sony telah mencatat rekor penjualan yang fantastis. Baru berusia satu tahun lebih di pasaran, konsol game ini sudah terjual 16 juta unit lebih.

Menurut laporan data dari VGCHartz, seperti KompasTekno kutip dari BGR, Kamis (18/12/2014), secara terperinci, jumlah konsol terbaru Sony ini sudah terjual sebanyak 16.146.005 unit di seluruh dunia.

Penjualan perangkat PS4 sendiri meningkat hingga dua kali lipat pada pekan "Black Friday" di Amerika Serikat. Pada masa itu, terjual sebanyak 1.193.346 unit PS4 di seluruh dunia.

Berdasarkan data dari VGChartz, pada minggu normal, biasanya PS4 hanya laku sekitar 400.000 hingga 500.000 unit setiap minggunya.

Sekadar informasi, Black Friday merupakan masa di mana para penjual di Amerika Serikat memberikan diskon besar-besaran untuk setiap produk yang mereka jual.

Bagaimana dengan kiprah dari pesaing utama PS4, yakni Xbox One? Hingga saat ini, penjualan konsol game buatan Microsoft ini masih kalah cukup jauh dari PS4 untuk urusan jumlah penjualan perangkat.

Menurut catatan dari VGChartz, saat ini Microsoft baru menjual 9.133.686 unit Xbox One.

Pada pekan Black Friday sendiri, Xbox One juga mencatatkan penjualan yang sangat tinggi, yaitu sebanyak 1.115.990 unit.

VGChartz juga mencatat, Sony dan Microsoft kini sudah menjual 60 juta unit software game untuk dua konsol tersebut.

Jumlah penjualan game sendiri tercatat meningkat jauh pada tahun 2014, disebabkan karena dirilisnya dua konsol game baru tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.