Hewlett Packard Bidik "Gen-Y" Indonesia

Kompas.com - 18/12/2014, 19:20 WIB
Kantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat Justin Sullivan/Getty ImagesKantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan komputer Hewlett Packard (HP) selama ini memiliki citra "serius" yang identik dengan bisnis dan korporasi.

Memasuki akhir 2014, pabrikan asal AS itu berupaya melebarkan sayap untuk menjangkau konsumen muda yang disebut Presiden Direktur HP Indonesia Subin Joseph sebagai "generasi milenial".

Generasi milenial atau yang juga sering disebut "Gen-Y" adalah mereka yang lahir pada dekade 80-an hingga 90-an yang kini bergaya hidup dinamis dan akrab dengan teknologi. HP berusaha menelurkan produk-produk yang disesuaikan untuk segmen konsumen ini melalui program kampanye "Bend the Rules".

"Bend the Rules ini adalah filosofi desain, dari lab riset dan pengembangan para teknisi kami merancang produk-produk dengan aneka fungsi dan bahan warna-warni sehingga cocok dengan gaya hidup generasi milenial," ujar Joseph saat ditemui Kompas Tekno usai acara konferensi pers HP di mal FX, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Desain baru HP tersebut tercermin dari sejumlah produk baru yang dipajang oleh HP hari itu. Laptop 2-in-1 HP Stream, misalnya, dilabur warna biru metalik yang terlihat terang. Begitu juga dengan laptop HP Pavilion x360 dengan warna merah menyala dan layar yang bisa diputar hingga 360 derajat untuk berubah bentuk menjadi tablet.

Joseph menjelaskan bahwa produk-produk baru HP tersebut dibanderol dengan harga terjangkau agar menarik hati para konsumen muda, terutama mereka yang biasa menggunakan perangkat portabel seperti laptop untuk bekerja.

Selain itu, dia mengatakan pihaknya akan turut menggelar kampanye iklan melalui sejumlah kanal, seperti bioskop dan situs-situs e-commerce untuk mendukung upaya HP memasuki pasar konsumen secara ekstensif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Soalnya, awareness konsumen terhadap beberapa jenis produk seperti laptop 2-in-1 (laptop yang bisa berubah jadi tablet) mesti ditingkatkan. Bisa jadi orang-orang belum banyak tahu bahwa produk semacam itu ada di pasaran," tambah Joseph.

Kampanye pemasaran itu, lanjutnya, bakal turut didukung oleh jaminan purna jual dari HP. Dengan mengunjungi salah satu dari tiga pusat servis besar HP di Jakarta, dia menjanjikan proses servis produk HP bisa selesai dalam 30 menit.

HP juga menyediakan layanan penjemputan produk untuk servis dengan jaminan lima hari selesai untuk wilayah kota besar seperti area Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang.

"Jaminan servis itu berlaku untuk semua jenis produk, dari mulai PC, notebook, hingga printer," tandasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X