Notifikasi ala Lollipop Bisa di Semua Android, Caranya?

Kompas.com - 22/12/2014, 15:00 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pengguna smartphone atau tablet Android versi apapun kini bisa merasakan fitur ala Android terbaru, Lollipop. Caranya dengan menggunakan aplikasi Heads-up Notifications besutan developer Simen.codes.

Yang menarik dari notifikasi Android 5.0 Lollipop unsur praktisnya karena bisa muncul di manapun, sehingga pengguna tidak akan ketinggalan membaca pesan penting.

Bentuknya berupa kotak berisi teks dan foto pengirim pesan yang dapat muncul mengambang pada lock screen, home screen, atau ketika penggunanya sedang bermain game.

ist. Notifikasi Android Lollipop.
Pengguna yang ingin langsung membuka pesan tersebut pun tidak dibuat repot dengan keharusan keluar dari aplikasi yang sedang digunakan.

Ketika notifikasi muncul, cukup menyentuhnya maka pesan pun akan langsung terbuka. Pengguna juga bisa menghapus notifikasi dengan mengusapnya ke arah kanan.

Bagi yang ingin mencicipi notifikasi ala Android Lolipop, berikut ini panduan yang disusun KompasTekno, Senin (22/12/2014).

1. Unduh aplikasi "Heads-up Notifications" dari Google Play Store melalui tautan ini. Install aplikasi tersebut dan jalankan.

Play Store Notifikasi Android Lollipop.

2. Pilih opsi "Toggle heads-up" dan aktifkan. Anda akan diberitahukan bahwa aplikasi ini dapat membaca semua notifikasi yang masuk ke smartphone, termasuk kontak serta pesan. Pilih "Ok" untuk menjalankan aplikasi tersebut.

ist.
Notifikasi Android Lollipop.
3. Pilih "Setting", lalu "App Filter" untuk menyaring aplikasi apa saja yang notifikasinya dapat muncul melalui Heads-up. Selain itu, Anda juga bisa menentukan notifikasi apa saja yang jadi prioritas (memerlukan OS Android 4.1).

ist.
Notifikasi Android Lollipop.
Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak pengaturan, seperti posisi pop-up, cara menghapus notifikasi, ukuran font, ikon ala Android Lollipop, serta pocket detection yang membuat layar smartphone tidak menyala jika posisinya sedang berada dalam saku.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.