Kompas.com - 03/01/2015, 08:28 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Pemerintahan Amerika Serikat telah mengumumkan adanya sanksi baru yang akan dikenakan ke Korea Utara. Sanksi ini terkait dengan aksi peretasan yang dilakukan terhadap Sony Pictures Entertainment.

Seperti dikutip KompasTekno dari TheVerge, Sabtu (3/1/2015), sanksi ini disebut sebagai respons pertama dari Pemerintahan AS terhadap serangan cyber yang disebut didalangi oleh Korea Utara.

Sanksi yang ditandatangani perintahnya oleh Presiden Barack Obama itu berbeda, atau menambahkan, sanksi yang sebelumnya sudah dikenakan AS pada Korut ihwal program nuklir mereka.

Terdapat tiga entitas di Korea Utara yang menjadi target sanksi ini, termasuk lembaga intelijen Korea Utara dan pedagang senjata lokal. Sepuluh orang yang terafiliasi dengan lembaga-lembaga tersebut juga terkena sanksi secara spesifik.

Salah satu sanksinya adalah bahwa orang dan lembaga itu kemudian tidak boleh mengakses sistem keuangan AS. Selain itu ada juga larangan bagi warga negara AS untuk berhubungan bisnis  dengan mereka.

Tindakan ini disebut sebagai "aspek pertama" dari respons AS pada aksi peretasan yang menurut FBI didalangi oleh Korea Utara. Sebutan itu secara implisit menolak dugaan bahwa AS turut andil dalam peristiwa matinya internet di Korut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.