ADS

Fitur Ini Mudahkan Putar Film dari Smartphone

Kompas.com - 04/01/2015, 18:06 WIB
Oppo
Oppo R5
KOMPAS.com - File video dan audio yang ada di smartphone tak perlu dipindah-pindahkan untuk bisa dinikmati di perangkat lain. Hal ini berlaku untuk perangkat yang mendukung Digital Living Network Alliance (DLNA).

Smartphone Oppo R5 adalah salah satu yang memiliki fitur yang dinamakan Digital Living Network Alliance (DLNA).

DLNA merupakan suatu fitur yang dapat mengakses berkas multimedia (musik, video, dan gambar) yang tersimpan di satu perangkat melalui perangkat lain tanpa sambungan kabel.

Dengan fitur ini, berkas multimedia di smartphone pengguna dapat diakses langsung melalui berbagai perangkat digital seperti TV, smartphone, tablet, laptop, maupun komputer.

Namun, yang bisa mengakses berkas multimedia ini harus perangkat digital yang memiliki kemampuan fitur DLNA juga. Untuk laptop atau komputer bersistem operasi Windows saat ini hampir semuanya telah mendukung teknologi DLNA.

Untuk mengaktifkan fitur DLNA pada Oppo R5 ini pengguna dapat mengakses aplikasi pengolah berkas bawaan smartphone ini.

Dalam aplikasi ini pengguna dapat langsung memilih menu yang berlambang tiga titik dan akan muncul tombol DLNA.

Setelah masuk halaman DLNA, pengguna dapat langsung mengaktifkan fitur DLNA dengan menekan tombol Start Service. Namun pastikan terlebih dahulu Oppo R5 dan komputer Windows terhubung dengan koneksi Wi-Fi atau router yang sama.

Setelah DLNA aktif, pengguna dapat melihat smartphone yang telah terhubung dengan komputer Windows di perangkat lunak Windows Explorer. Smartphone akan terlihat pada Media Device yang terdapat pada Network.

Biasanya nama smartphone bawaan akan berupa kode R8106, namun pengguna dapat mengganti namanya langsung pada smartphone.

Ketika membuka smartphone di Windows Explorer tersebut maka akan otomatis Windows Media Player dijalankan. Selanjutnya pengguna dapat langsung memainkan berkas multimedia yang ada.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisOik Yusuf
EditorWicak Hidayat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X