Kompas.com - 10/01/2015, 12:27 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Hingga saat ini, jam tangan pintar besutan Apple, Watch, belum dijual di mana pun. Akan tetapi, perangkat wearable yang banyak ditunggu tersebut ternyata sudah dijiplak.

Adalah perusahaan asal Tiongkok, Hyperdon, yang meniru perangkat teranyar milik Apple ini.

Perangkat tiruan tersebut tidak memiliki nama yang spesifik. Hyperdon hanya memberi label nama Smart Watch untuk perangkat tersebut.

Mashable
Produk buatan Hyperdon ini memiliki bentuk sangat mirip dengan Apple Watch
Secara sepintar, Smart Watch buatan Hyperdon memiliki desain fisik yang sama dengan Apple Watch. Perangkat itu dilengkapi dengan sebuah sekrup jam tradisional di sisi kanannya. Tidak diketahui, apakah sekrup tersebut memiliki fungsi yang sama dengan yang ada di Apple Watch atau tidak.

Sekadar informasi, sekrup tersebut dinamakan digital crown di Apple Wathc. Fungsinya untuk keperluan navigasi, misalnya diputar untuk melakukan zoom in dan zoom out pada aplikasi peta, atau ditekan untuk kembali ke layar home.

Tidak hanya dari segi tampilan fisik, Smart Watch memiliki desain icon yang sangat mirip dengan Apple Watch.  

Seperti KompasTekno kutip dari Mashable, Jumat (9/1/2015), pengguna bisa menghubungkan produk Hyperdon ini ke ponsel berbasis Android dan iOS melalui Bluetooth.

Perangkat ini dapat digunakan untuk membuat panggilan telepon di ponsel, memainkan musik, menghitung jumlah langkah, alarm, dan masih banyak lagi.

Uniknya, perangkat Smart Watch ini dipamerkan di pagelaran Consumer Electronics Show 2015 di Las Vegas, AS. Langkah ini dinilai cukup nekat, mengingat bisa saja Apple melihat produk tersebut dan, mungkin, menuntut Hyperdon karena kemiripan di antara kedua produk tersebut.

Pun demikian, Hyperdon masih berani menjual Smart Watch di booth mereka dengan harga hanya 27 dollar AS atau sekitar Rp 350.000. Harga tersebut berbeda jauh dari Apple Watch asli yang memiliki banderol 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.