Kompas.com - 11/01/2015, 09:27 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
SD card dengan teknologi NFC buatan Toshiba

KOMPAS.com - Setelah banyak diterapkan di kamera digital Near Field Communication (NFC) kini merambah ke kartu memori. Produk SD card pertama yang dibekali teknologi tersebut minggu ini diperkenalkan oleh Toshiba.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari PetaPixel, Jumat (9/1/2014) SD Card NFC Toshiba memungkinkan pengguna dengan mudah mengintip foto-foto apa saja yang tersimpan dalam kartu memori bersangkutan, tanpa perlu memakai card reader ataupun kamera digital.

Caranya, cukup dengan mendekatkan kartu memori dengan smartphone, lalu membuka aplikasi "Memory Card Preview" dari Toshiba.

Ponsel pintar Android yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC pun secara otomatis akan menampilkan 16 thumbnail dari foto yang tersimpan di dalam kartu memori SD card NFC.

Selain itu, aplikasi Memory Card Preview juga akan menampilkan besarnya ruang kosong yang masih tersisa di SD Card NFC.

Teknologi ini diharapkan bisa mempermudah fotografer yang kerap bingung soal di kartu memori mana sebuah foto tersimpan.

Meski belum menyebutkan harga, Toshiba berencana memasarkan kartu memori SD Card NFC buatannya mulai Februari mendatang, dengan pilihan kapasitas 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Aplikasi Android Memory Card Preview akan disalurkan ke Google Play dalam waktu yang sama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PetaPixel


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.