Kompas.com - 17/01/2015, 19:27 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google merilis daftar iklan yang paling populer di YouTube.co.id sepanjang tahun 2014 lalu. Daftar ini berisikan 10 brand yang memiliki performa terbaik, dinilai berdasarkan kombinasi tingkat popularitas (organic views) dan promosi (paid views).

Di tahun 2014, video iklan kreasi Indonesia mendominasi daftar itu. Seperti dikutip KompasTekno dari keterangan pers Google, Sabtu (17/1/2015), delapan dari sepuluh video mengangkat tema otentik Indonesia.

Jumlah tersebut meningkat jauh dari saat daftar ini diperkenalkan tahun 2013, di mana hanya ada 4 dari 10 video yang mengangkat tema ini.

Salah satu video iklan yang mengangkat tema Indonesia adalah Video Lucu, Cuci Mobil Gratis dari Bank Mandiri. Video ini bertemakan humor dan storytelling, yang dianggap Google dapat "membangun keterlibatan pemirsa dengan memanfaatkan fungsi humor untuk mendorong anak-anak muda menjadi pengusaha".

Video Indonesia lainnya adalah mini sekuel "Ada Apa Dengan Cinta" dari brand Line. Video tersebut dianggap mampu menciptakan tren baru, di mana sebuah brand berani melaju melebihi batas waktu 30 detik, dengan format yang didesain khusus untuk pengguna YouTube.

Fakta bahwa Line mampu merebut perhatian pemirsa hingga lebih dari 10 menit menunjukkan kekuatan dari sebuah kisah yang menarik atau disebut power of a good story.

Sementara, video iklan yang menduduki posisi teratas dalam daftar tersebut bertemakan olahraga sepakbola. Judul dari video ini adalah Nike Football: The Last Game ft Ronaldo, Neymar Jr., Rooney, Zlatan, Iniesta, & more.

Dalam iklan tersebut, Nike menampilkan sebuah cerita pendek dari bintang-bintang sepakbola ternama yang berhadapan dengan musuh berupa kloningan diri mereka. Uniknya, video tersebut dibuat dalam bentuk animasi.

Berikut 10 video iklan paling populer di YouTube Indonesia pada 2014:

No TITEL BRAND Creative Agency Media Agency
1 Nike Football: The Last Game ft. Ronaldo, Neymar Jr., Rooney, Zlatan, Iniesta & Iniesta & more Nike Football (Global) Wieden
+
Kennedy
Mindshare Portland,
Razorfish
2 Simply Do Wonders: The Full Story with Ooredoo and Leo Messi Ooredoo Saatchi and Saatchi Havas Media
Middle East
3 LINE - Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2014 (Mini Drama) LINE LINE
(in-house)
Dentsu Media Palette
4 Video Lucu | Cuci Mobil Gratis Bank Mandiri Bank Mandiri Grey
5 [TVC] KakaoTalk Plus Friend with JKT48 Kakao Bujuk Rayu Havas Media
6 Raisa - Pure Fresh Day Mentos McCann Maxus
7 Samsung GALAXY Note 4: Harmoni with Andi Riyanto Samsung XM Gravity/XM JWT Starcom
8 Keluarga Chevrolet, Gelombang Kenangan - Episode 1 Chevrolet Commonwealth Cursor Media
9 Clean & Clear Me VS My Skin Clean & Clear DDB Universal McCann
10 Video Lucu Danang Darto Nunggu Buka 2014 #im3play24jam Indosat Semut Api Dentsu
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.