Pelatihan "Coding" untuk Anak Digelar di Bintaro

Kompas.com - 24/01/2015, 09:41 WIB
Kids Coding Competion 2015. ist.Kids Coding Competion 2015.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat konsumsi media digital di Indonesia berkembang pesat, namun belum sebanding dengan kemampuan berkreasi dan berinovasi. Cody's App Academy pun berusaha mengatasi kesenjangan kreativitas itu melalui sebuah workshop untuk anak, Kids Coding Competion 2015.

Workshop yang diselenggarakan Cody's App Academy berupa pelatihan dan kompetisi pemrograman (coding) untuk anak-anak usia sekolah dasar. Penyelenggaraannya dilakukan pada 24-25 Januari 2015 melalui kerjasama dengan Bintaro Entertainment Exchange, Bintaro Jaya Sektor 7.

"Kita juga perlu mencari cara bagaimana memperkenalkan teknologi pada anak untuk dapat dimanfaatkan sebagai alat atau tools, bukan sebagai sesuatu yang mendikte kehidupan mereka,” kata PR Manager "Cody's App Academy" Kinanti Wicaksono dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (24/1/2015).

Menurut Kinanti, internet dan teknologi sudah tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Pengguna internet dari kalangan remaja dan anak-anak saja, dalam riset UNICEF dan Kementerian Komunikasi dan Informatika 2014 tercatat 30 juta orang. Hal itulah yang berkontribusi pada besarnya tingkat konsumsi media digital.

Dalam workshop dua hari tersebut, peserta anak akan dibimbing oleh para developer profesional untuk mengenal pengetahuan dasar algoritma pemrograman, transformasi dasar, dan pembuatan animasi untuk karya mereka.

Melalui pelatihan serta kompetisi seperti ini diharapkan anak-anak bisa mencapai titik imbang antara konsumen dan pencipta konten digital.

"Kami sarankan agar mereka tidak lagi hanya diajarkan bagaimana menjadi pengguna, tetapi justru sejak awal mereka diperkenalkan bagaimana caranya menjadi content creator yang dapat berkreasi di dunia digital tersebut,” tutup Kinanti.

Cody's App Academy adalah sebuah perusahaan rintisan digital (startup) yang ingin meperkenalkan dunia pemrogram kepada anak agar kelak dapat memecahkan masalah dengan berbagai solusi.

Bagi orang tua yang ingin anaknya belajar pemrograman sejak dini dapat  mengunjungi situs Cody’s App Academy, http://www.codyappacademy.com.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X