Membandingkan Microsoft HoloLens dan Facebook Oculus Rift

Kompas.com - 26/01/2015, 17:04 WIB
Pengguna HoloLens melihat tampilan komputer dengan lensa hologram TrustedReviewsPengguna HoloLens melihat tampilan komputer dengan lensa hologram
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Awal tahun ini, Microsoft menelurkan produk kacamata 3D hologram HoloLens. Produk ini disebut-sebut sebagai perangkat desktop masa depan dengan tampilan hologram pertama di dunia.

Sebelum HoloLens, perusahaan Oculus VR milik Facebook sudah punya perangkat virtual reality sejenis yaitu Oculus Rift.

Lalu, apa bedanya HoloLens dengan perangkat virtual reality Oculus Rift? Berikut pemaparannya yang dilansir KompasTekno (26/1/2015) dari TrustedReviews.

Pertama, dari segi desain. Versi terbaru dari adalah Crescent Bay. Perangkat tersebut disebut-sebut yang terbaik untuk menikmati realitas virtual dalam bermain game.

Oik Yusuf/Kompas.com
Menjajal headset VR Oculus Rift
Crescent Bay membuat pengguna seakan-akan buta dengan dunia nyata karena dibenamkan dalam realitas virtual yang sepenuhnya.

Sedangkan, Microsoft HoloLens memberikan tampilan yang sesuai dengan kenyataan namun dengan melihat dari berbagai sudut sekaligus.

Poinnya, HoloLens didesain lebih untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Sedangkan Oculus Rift cenderung untuk bermain game saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, dari segi piranti lunak. Microsoft HoloLens dirilis beberapa saat setelah sistem operasi Windows 10 dirilis. Kabarnya, Windows 10 memang sengaja dipersiapkan untuk dipatri pada HoloLens.

Jadi, HoloLens bisa dikatakan sebagai komputer yang bisa dibawa ke mana saja dengan tampilan hologram.

Sedangkan Oculus Rift tidak memiliki piranti lunak yang spesifik. Perangkat tersebut dibangun dengan prosesor game yang juga melibatkan sistem operasi Windows, OS X, dan Linux.

TrustedReviews
Menggunakan Oculus Rift saat bermain game untuk melihat realitas virtual yang menyerupai kenyataan
Ketiga, dari segi tujuan pembuatannya. HoloLens dapat dikatakan sebagai perangkat mutakhir dengan teknologi terbaru, yaitu lensa hologram pada sebuah kacamata pintar.

Tujuan perangkat ini untuk memberikan pengalaman baru bagi pengguna dalam menjalankan komputer dan melihat sekeliling.

Di ranah berbeda, Oculus Rift diciptakan untuk memberikan pengalaman baru bagi para pemain game dalam melihat realitas virtual yang terasa seperti dunia nyata.

Kedua perangkat ini dapat dikatakan sebagai dua perangkat kacamata pintar yang benar-benar berbeda. Dengan caranya masing-masing, keduanya memiliki kelebihan dan target pasar yang juga berbeda. HoloLens dengan pasar yang lebih luas, sedangkan Oculus Rift dengan pasar yang lebih spesifik, yaitu gamer.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.