Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2015, 10:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber bgr

KOMPAS.com - Ada kabar gembira untuk netizen yang gemar mengunduh film atau konten dari situs torrent. Pasalnya, situs pengepul file torrent, The Pirate Bay (TPB) akan segera muncul setelah berhenti beroperasi pada akhir tahun lalu.

Kasak-kusuk kemunculan kembali TPB disinyalir dari tampilan situs itu pada awal bulan ini. Saat itu, terpatri penghitung waktu mundur dan gambar tengkorak khas TPB di situs penyebar konten bajakan itu.

Dilansir KompasTekno (27/1/2015) dari BGR, tim TPB sedang berbenah untuk kembali merilis situsnya pada 1 Februari mendatang. Sebenarnya, tampilan situs TPB tampak sudah berfungsi, namun pengguna belum dapat mengakses data-data yang telah mereka unduh sebelumnya.

Saat ini, tampilan situs diubah dengan memajang gambar burung phoenix. Hal itu menunjukkan kelahiran kembali situs anti-hak cipta ini.

Elemen visual lain yang hadir di situs TPB adalah penghitung waktu mundur yang diletakkan di atas simbol burung phoenix. Selain itu, ada juga animasi kapal perang yang bergerak menuju pelabuhan pulau.

Perlu diketahui, server TPB disita pihak kepolisian Swedia pada awal Desember tahun lalu. Sejak saat itu, situs ini tak beroperasi.

Namun hal itu bukan kali pertama TPB mengalami pemblokiran. Situs ini beberapa kali pernah diblokir, baik di negara tertentu atau diblokir secara keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber bgr
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com