Jelang MEA 2015, Kominfo Kebut Sertifikasi Pekerja TI

Kompas.com - 02/02/2015, 14:08 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia berencana menerapkan sertifikasi untuk para pekerja bidang Teknologi dan Informasi Komunikasi (TIK). Sertifikasi ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi pekerja TIK menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Saat ini, standar kualifikasi yang akan diterapkan untuk sertifikasi tersebut masih dalam pembahasan lebih lanjut.

Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Rudiantara berharap, "Akhir Februari, kita sudah tahu kapan (sertifikasi) diberlakukan di Indonesia. Dan kedua program kerja yang terkait mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)."

"Karena MEA ini kan akhir tahun ini. Kalo kita diamkan akan terlambat.  Dengan asosiasi kita kebut, harus ada konsensus kapan mau menerapkan ini," imbuhnya di sela-sela acara Sosialisasi Sertifikasi Tenaga Kerja Bidang TIK, Jakarta, Senin (2/2/2015).

LSP selanjutnya akan jadi ujung tombak untuk memberikan sertifikasi pada pekerja TI. Rudiantara mengatakan saat ini baru ada dua lembaga sertifikasi yang khusus berkaitan dengan TIK. Lembaga tersebut adalah LSP Teknologi dan Informasi Komunikasi serta LSP Telematika.

Menkominfo mengatakan jumlah LSP ini akan ditingkatkan demi mempercepat proses sertifikasi pekerja TIK. Targetnya akan ada 15 LSP baru khusus menangani hal ini.

Ketika MEA diberlakukan pada akhir tahun ini, pekerja-pekerja asing akan bisa masuk ke Indonesia. Sertifikasi menjadi sesuatu yang penting karena berfungsi melindungi dan sebagai wujud pengakuan kompetensi pekerja.

Di sela-sela acara Sosialisasi Sertifikasi Tenaga Kerja Bidang TIK, Senin (2/2/2015), Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, "Kita juga dorong teman-teman di sektor TIK untuk melengkapi kompetensinya juga melengkapi institusi yg terkait dengan itu. Tujuannya untuk mempercepat peningkatan kualitas SDM."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.