Kompas.com - 05/02/2015, 16:55 WIB
Ilustrasi Oik Yusuf/ Kompas.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Sekilas keduanya bikin pangling, hampir tak bisa dibedakan saking miripnya. Itulah dua ponsel Android One besutan dua merek lokal, Evercoss dan Nexian.

Kedua vendor tersebut memang menjadi mitra Google dalam memasarkan ponsel yang ditelurkan dari program pengadaan ponsel Android terjangkau untuk negara berkembang ini.

Dua ponsel Evercoss One dan Nexian Journey One diserahkan kepada Kompas Tekno dalam acara jumpa pers di kantor Google Indonesia, bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (4/2/2015) kemarin.

Sebenarnya ada satu ponsel lagi dari mitra Android One ketiga, yakni Mito, namun saat itu perangkat yang bersangkutan belum tersedia.

Serupa tapi tak sama

Tampang ponsel-ponsel Android One bisa dibilang mirip antara satu dan yang lainnya karena memang memakai rancangan dasar (reference design) yang sama dari Google.

Evercoss One dan Nexian Journey One tadi misalnya, memiliki bagian muka yang identik. Keduanya sama-sama memiliki layar 4,5 inci (resolusi 854x480) yang dikelilingi bingkai tebal berwarna hitam. Penempatan grill speaker telepon dan kamera depan 2 megapixel pun persis serupa.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Tampak depan Evercoss One X (kiri) dan Nexian Journey One tampak identik
Oik Yusuf/ Kompas.com
Punggung Evercoss One X dan Nexian Journey One

Saat ditengok ke bagian belakang, barulah tampak sedikit pebedaan. Logo "Evercoss" dan "Nexian" tertera di punggung masing-masing perangkat yang dilapis material plastik warna putih berteksur kesat mirip karet.

Evercoss memilih untuk menyatukan kamera belakang 8 megapiksel dan LED flash dalam satu housing berbentuk persegi panjang. Sementara, Nexian memilih housing bundar dan memisahkan LED flash.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Kompartemen sisi belakang Evercoss One X
Oik Yusuf/ Kompas.com
Kompartemen sisi belakang Nexian Journey One

Sisi belakang keduanya merupakan cover yang bisa di lepas. Di balik penutup ini terdapat kompartemen baterai (1.700 mAh), sepasang slot SIM card, dan sebuah slot micro-SD card yang mendukung kartu memori hingga 32 GB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.