Microsoft Diam-diam Tebar "Benih" di Android dan iOS

Kompas.com - 09/02/2015, 16:09 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft ternyata diam-diam menebarkan "benih" di dalam sistem operasi Android dan iOS. Benih yang dimaksud adalah aplikasi karya mereka yang dapat digunakan dengan kedua sistem operasi tersebut.

Memang tidak banyak kabar yang terdengar mengenai benih aplikasi tersebut. Namun totalnya, menurut data dari situs pelacak toko aplikasi App Annie, ada lebih dari 100 jenis aplikasi berbeda yang dibuat Microsoft untuk Android serta iOS.

Aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk Android dan iOS tersebut antara lain berupa pendukung produktivitas seperti Lync, Outlook, Office Mobile hingga aplikasi lockscreen seperti Next dan Picturesque.

Seperti dilansir KompasTekno dari Quartz, Senin (9/2/2015), pembuatan aplikasi itu adalah bagian dari strategi Microsoft untuk bertahan di antara gempuran Android dan iOS.

Piranti lunak menjadi salah satu senjata ampuhnya, mengingat raksasa piranti lunak tersebut memang sudah tertinggal jauh oleh Android dan iOS dalam persaingan smartphone.

Selain menyebarkan benih-benih aplikasi, Microsoft juga sedang merayu pengguna-pengguna layanannya agar beralih kepada teknologi cloud. Wujud langkah tersebut, misalnya adalah dirilisnya Microsoft Office 365 yang digunakan dengan cara berlangganan 7 dollar AS atau sekitar Rp 88.000 per bulan untuk pengguna rumahan.

Dengan strategi tersebut, perlahan tapi pasti, Microsoft mulai mewujudkan kata-kata yang tahun lalu diucapkan CEO-nya Satya Nadella, "Kami akan ada di mana-mana."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Quartz


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.