Kompas.com - 27/02/2015, 13:06 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung menyatakan akan melakukan pembekuan anggaran gaji karyawannya di tahun ini selama periode tertentu .

Hal tersebut dilakukan Samsung sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki anggaran perusahaan di tengah semakin menurunnya laba perusahaan.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (27/2/2015), pejabat Samsung yang tidak mau disebut namanya mengatakan, "manajemen dan karyawan telah sepakat untuk menetapkan gaji."

Apa maksudnya? Pembekuan ini bukan berarti karyawan Samsung tidak akan mendapatkan gaji. Pembekuan itu berarti, anggaran untuk gaji selama periode tertentu di 2015 tidak akan mengalami perubahan, alias sudah tetap.

Di luar itu, insentif bagi karyawan masih akan tetap diberikan. Insentif ini diberikan sesuai performa dan dihitung berdasarkan laba.  

Dua bulan lalu, kebijakan pembekuan itu juga sudah diterapkan lebih dahulu pada para eksekutifnya yang berjumlah sekitar 2.000 orang.

Perwakilan Samsung lainnya mengklaim bahwa alasan di balik kebijakan tidak populer Samsung itu adalah lambannya pertumbuhan ekonomi di pasar Tiongkok, disertai dengan melemahnya mata uang Yen Jepang.

Tindakan penghematan ini bukan yang pertama dilakukan Samsung. Tahun lalu, Samsung memutuskan untuk merumahkan sekitar 30 persen karyawan divisi mobile-nya.

Di sisi lain, laporan keuangan Samsung di kuartal terakhir menunjukkan hasil yang relatif mengecewakan.

Laba Samsung di tahun 2014 turun 23,2 persen dibandingkan pada periode tahun sebelumnya. Sementara divisi mobile-nya mengalami penurunan laba operasional sebesar 64 persen di kuartal empat 2014 lalu.

Samsung sangat bergantung pada bisnis smartphone-nya untuk mencari untung. Perusahaan itu berharap dengan peluncuran dua smartphone barunya awal Maret nanti, yaitu Galaxy S 6 dan S6 Edge, keuntungan perusahaan bisa terdongkrak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.