Ingin Pengguna Siaran Langsung, Twitter Akuisisi Periscope

Kompas.com - 11/03/2015, 10:31 WIB
Fitur 'bisu' ini mulai diperkenalkan kepada sejumlah pengguna. BBCFitur 'bisu' ini mulai diperkenalkan kepada sejumlah pengguna.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Twitter sedang giat-giatnya mendorong fitur video dalam layanan jejaring sosialnya. Setelah memperkenalkan fitur berbagi video bulan lalu, kini Twitter dilaporkan mengakuisisi perusahaan startup video Periscope.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Senin (9/3/2015), Periscope adalah sebuah perusahaan rintisan digital (startup) yang fokus dalam layanan streaming video secara live dari smartphone.

Walau menurut situs web Periscope aplikasi mereka masih Beta, namun ternyata hal itu tidak menghentikan niat Twitter untuk mengakuisisinya.

Berbeda dengan layanan video yang telah diluncurkan Twitter, dimana pengguna hanya bisa berbagi video yang tersimpan di smartphone atau PC, layanan Periscope ini bisa digunakan untuk berbagi video secara langsung.

Layanan tersebut, menurut Recode, cocok digunakan untuk berbagi video penting yang sifatnya Breaking News. Selain berbagi teks, pengguna diharapkan bakal bisa berbagi video secara langsung juga.

Rumor akuisisi Twitter terhadap Periscope itu dikabarkan salah seorang sumber yang dekat dengan permasalahan tersebut mencapai nilai 100 juta dollar AS, atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Layanan live video streaming serupa saat ini juga telah ada, yaitu Meerkat. Aplikasi tersebut telah digunakan oleh lebih dari 20.000 pengguna. Beberapa jurnalis juga telah menggunakannya dalam acara peluncuran Apple Watch dini hari tadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, bedanya, jika Meerkat seolah menjadi aplikasi pihak ketiga, maka jika Periscope jadi diintegrasikan ke dalam Twitter, maka pengguna tidak perlu lagi memasang aplikasi lain.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.