Cortana Bakal "Keluar Kandang" ke Android dan iOS

Kompas.com - 15/03/2015, 14:23 WIB
Cortana Re/codeCortana
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Cortana, software asisten digital yang dikembangkan oleh Microsoft (layaknya Siri dalam Apple), rencananya akan disediakan oleh perusahaan yang bermarkas di Redmond, Washington itu untuk platform di luar Windows Phone, yaitu Android dan iOS.

Kepastian tersebut pertama kali dikabarkan oleh Reuters pada Jumat (13/3/2015). Dikutip KompasTekno, software aplikasi Cortana tersebut akan disediakan sebagai sebuah aplikasi terpisah di platform Android dan iOS, yang nantinya bisa diunduh sebagai aplikasi mandiri, baik di Google Play Store maupun Apple App Store.

"Teknologi seperti ini, yang bisa membaca dan memahami email, akan berperan penting dalam Cortana versi berikutnya," ujar Managing Director of Microsoft Research, Eric Horvitz.

"Kami sedang mengerjakannya agar bisa dirilis di paruh tahun (2015) ini," imbuhnya.

Selain menyiapkan Cortana untuk tablet dan smartphone iOS dan Android, Microsoft juga sedang mengerjakan versi Cortana untuk sistem operasi mobile terbarunya, Windows 10 yang akan diluncurkan tahun ini juga.

Cortana yang lebih pintar itu saat ini sedang dikembangkan dengan nama sandi Project Einstein. Teknologi baru yang ditanamkan di dalamnya adalah kemampuan menarik data dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dibangun.

Dengan teknologi itu, diharapkan Cortana memiliki kepekaan lebih tinggi dan bisa melakukan berbagai tugas secara otomatis.

Asisten digital Cortana yang namanya diambil dari tokoh hologram di game Halo ini pada awalnya dimotori oleh mesin pencari Bing dan digadang-gadang menggantikan fungsi pencarian standar di Windows Phone.

Di samping bisa diperintah untuk membuat panggilan telepon dan menulis SMS, Cortana juga bisa diminta melakukan hal lain seperti membuat reminder, jadwal pertemuan, alarm, memberi informasi cuaca, hasil pertandingan olahraga, sampai meluncurkan aplikasi.

Aplikasi ini pun bisa diberikan akses ke e-mail agar dapat mengingatkan si empunya perangkat mengenai hal-hal seperti jadwal pesawat.

Seperti Siri, suara Cortana yang "berjenis kelamin" perempuan diisi oleh aktris wanita. "Kepribadian" kedua asisten personal ini pun mirip. Ketika ditanya mengenai Siri, Cortana menjawab, "Sejauh ini, percakapan kami masih terasa satu sisi." Dia juga menyebut Bill Gates sebagai "bapaknya".

Tak dipungkiri, langkah Microsoft untuk menghadirkan Cortana di platform selain Windows, yaitu iOS dan Android adalah sebagai upaya untuk membawa aset-aset terbaik Wndows ke platform lain agar bisa lebih bersaing di segmen mobile.



Sumber Reuters

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X