Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 5.1 Punya "Kunci" yang Lebih Pintar

Kompas.com - 23/03/2015, 13:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi Smart Lock Android

KOMPAS.com - Pengguna smartphone berbasis Android 5.1 Lollipop bisa memakai perangkatnya tanpa perlu bolak-balik melakukan proses "unlock", tiap kali hendak melongok layar. Ini karena Google menerapkan fitur "kunci pintar" di sistem operasi itu.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Digital Trends, Senin (23/3/2014), fitur bernama "on-body detection" yang disematkan dalam menu Smart Lock tersebut bisa mendeteksi jika ponsel sedang dibawa oleh pengguna, termasuk saat dimasukkan dalam kantung pakaian.

Dalam situasi di atas, Smart Lock akan menonaktifkan kunci (PIN atau pattern) perangkat sehingga tak perlu dibuka berulang-ulang oleh pengguna. Kunci pengaman akan kembali diaktifkan ketika perangkat sedang tidak berada di tangan pengguna.

Electronista
Penjelasan fitur on-body detection pada Android 5.1

Implementasi kunci pengaman dengan cara baru ini disebut bakal mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi di ponsel.

"Cukup buka kunci sekali, dan perangkat akan selalu tidak terkunci ketika Anda sedang memegang atau membawanya," bunyi penjelasan di layar setting on-body detection di Android 5.1. "Perangkat akan kembali terkunci kapanpun Anda menaruhnya karena sedang tidak dibawa."

Selain itu, Smart Lock juga bisa menonaktifkan kunci perangkat ketika berada dalam situasi tertentu, misalnya ketika pengguna berada di rumah atau saat perangkat tersambung dengan perangkat Bluetooth semisal tape deck di mobil.

Belum diketahui perangkat Android 5.1 mana saja yang akan kebagian fitur on-body detection. Sejauh ini fitur tersebut dilaporkan berada di smartphone Nexus 4, 5, dan 6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com