Kompas.com - 27/03/2015, 09:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - SMS penipuan dengan kedok undian berhadiah yang dilakukan operator seluler ternyata juga membuat Telkomsel gerah. Operator plat merah itu pun membagikan tips-nya agar pelanggan tidak terjebak.

"Biasanya penipuan SMS itu menggunakan (domain) situs gratisan, seperti Blogspot dan sejenisnya," dmeikian ujar Vice President Corporate Communication Telkomsel. Adita Irawati saat acara jumpa media di Yogyakarta, Jumat (20/3/2015) lalu.

"Yang resmi dari Telkomsel menggunakan website official, alamatnya pasti Telkomsel.com," imbuh wanita yang kerap disapa Dita itu.

Karena itu, Dita pun mengajak pelanggan untuk lebih jeli dengan SMS-SMS penipuan yang marak beredar. "Kalau menjumpai seperti itu (SMS penipuan), pelanggan hanya punya dua pilihan, hiraukan atau laporkan," katanya.

Telkomsel sendiri menurut Dita tidak menutup mata atas aksi SMS penipuan yang kadang juga mencatut nama Telkomsel. Operator tersebut menurut Dita telah melakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti filtering SMS.

"Kita biasanya melihat polanya, kalau jumlahnya (SMS yang dikirim) banyak baru kita melakukan tindakan blokir," ujar Dita.

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan upaya filtering SMS berdasar kalimat atau kata yang sering digunakan. Kata-kata tersebut dimasukkan ke mekanisme sistem Telkomsel untuk diblokir.

Namun, upaya tersebut juga diakui Dita masih belum optimal sebab variasi kata dan kalimat yang dipakai kini semakin bertambah banyak.

"Namun kami akan terus berupaya melakukan assesment dan filtering," demikian ujar Dita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.