Kompas.com - 10/04/2015, 12:01 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah tiga kali menggodok versi beta non-publiknya, Apple akhirnya resmi merilis iOS 8.3 beta untuk umum. Beberapa penambahan fitur dan tampilan antarmuka bisa dirasakan pengguna yang menjajalnya.

Tak kurang dari 300 emoji varian baru, penambahan bahasa untuk Siri, serta cara lain pada otentikasi iTunes Store. Tiga hal tersebut adalah pembaruan paling mencolok dibandingkan perubahan-perubahan lainnya.

Tapi, penyematan fitur-fitur baru itu tak disertai perbaikan terhadap bug yang tersemat di dalamnya. Dilansir KompasTekno, Jumat (10/4/2015) dari MacRumors, banyak pengguna yang mendiskusikan kelemahan iOS 8.3 di berbagai forum.

Apple Support Communities, Reddit, dan forum MacRumors adalah tiga forum yang ramai mengulas iOS 8.3. Pasalnya, sistem operasi Apple teranyar tersebut ditemukan bermasalah pada pengoperasian Touch ID.

"Saya memperbarui iPhone 6 saya dengan iOS 8.3. Setelahnya saya tak bisa menggunakan Touch ID untuk App Store," kata salah satu anggota forum Reddit.

Seperti diketahui, Touch ID adalah fitur sensor sidik jari untuk pengamanan pengguna iPhone dan iPad. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada iPhone 5S. Sensor ini bisa digunakan untuk menyetujui pengunduhan dan pembelian di App Store, iTunes dan iBooks. Jadi, pengguna tak perlu berulang kali memasukkan sandi.

"Sandi saya berkali-kali ditanya ketika harus membeli di App Store. Padahal Touch ID saya sudah aktif," kata anggota lainnya di Reddit.

Tampaknya, walau telah berulang kali digodok dalam waktu yang berdekatan, Apple belum benar-benar siap meluncurkan iOS 8.3.

Ini bukan kali pertama pemutakhiran sistem operasi Apple bermasalah untuk fitur Touch ID. Sebelumnya, iOS 8.0.1 sempat tak bisa mengoperasikan Touch ID dan Wi-fi secara bersamaan.

Selain berharap masalah ini segera diatasi, pengguna juga menaruh harapan pada iOS 9. Untuk iOS yang sedang digodok tersebut, Apple telah berjanji bakal fokus pada stabilitas ketimbang penambahan fitur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.