Kompas.com - 13/04/2015, 10:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
MEDAN, KOMPAS.com - Layanan 4G LTE Telkomsel telah resmi memasuki pulau Sumatera dengan debut perdana di Kota Medan.

Hingga kini, operator seluler yang identik dengan warna merah ini mengaku telah berhasil mengumpulkan 270.000 pelanggan 4G LTE yang tersebar di 5 kota tempat layanan tersebut telah resmi digelar. Selain Medan, ada Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali.

"Sampai akhir tahun ini, kami targetkan sudah memiliki 2 juta pelanggan 4G LTE," kata Direktur Penjualan Telkomsel. Mas'ud Khamid ketika ditemui Kompas Tekno usai acara peluncuran 4G LTE Telkomsel di Lapangan Merdeka, Medan (12/4/2015).

Mas'ud menambahkan bahwa pelanggan 4G LTE Telkomsel saat ini sebagian besar masih terkonsentrasi di wilayah Jakarta. Dari total sebanyak 270 ribu pelanggan, menurut Mas'ud, sebanyak 180 ribu atau lebih dari setengahnya berdomisili di Jakarta.

"Di Medan sendiri semenjak 4G LTE bisa digunakan awal bulan ini sudah tercatat ada 5.000 pelanggan," tambahnya.

Saat ini sebagian besar pelanggan Telkomsel masih berada di jaringan 2G dengan jumlah 90 juta, namun Mas'ud optimis pihaknya bisa dengan cepat mengalihkan pelanggan 2G ke jaringan 3G dan 4G LTE dengan dibantu tingkat penetrasi smartphone yang semakin tinggi.

"90 juta itu tidak di semua wilayah. Surabaya, misalnya, pelanggan 2G tinggal 400 ribu, sementara Jakarta masih 3 juta," kata Mas'ud.

Untuk pengembangan 4G LTE, Telkomsel mengalokasikan anggaran sebesar 10 persen dari total dana belanja modal 2015 sebesar Rp 10 triliun. Proporsi alokasi dana itu, emnurut Mas'ud, secara bertahap akan diperbesar seiring dengan semakin luasnya area cakupan jaringan 4G LTE di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.