Diperbarui, Opera Mini untuk Android Bisa Berubah Wajah

Kompas.com - 16/04/2015, 10:24 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Browser atau peramban mobile Opera Mini untuk Android mendapatkan pembaruan (update). Dalam versi teranyarnya, 8.0, tampilan aplikasi yang selalu tersedia secara gratis ini hadir dengan berbagai fitur baru dan tampilan yang lebih segar.

Seperti KompasTekno kutip dari The Next Web, Rabu (15/4/2015), di versi terbaru itu, pengguna dapat mengatur sendiri tampilan layout atau susunan browser.

Total, ada tiga tampilan yang disediakan, yakni Classic, Phone, dan Tablet. Tampilan itu sendiri dapat diatur atau diubah melalui menu Setting.

Dalam tampilan Classic, Opera mengklaim bahwa tampilan ini memudahkan pengguna untuk mengoperasikan Opera Mini, bahkan hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

Sementara itu, seusai namanya, Phone dan Tablet membuat layout peramban ini seoptimal mungkin untuk perangkat ponsel dan tablet.

Selain itu, tampilan Speed Dial, tempat pengguna menaruh berbagai icon shortcut menuju situs yang sudah diatur sebelumnya, juga diperbarui.

Shortcut-shortcut menuju berbagai situs terletak di bagian atas dengan ukuran icon yang cukup besar. Di bagian bawahnya, pengguna akan menemukan menu Top Stories, berita-berita pilihan yang dikurasi oleh pihak Opera. Semuanya itu hadir dengan latar belakang berwarna putih, membuatnya cukup nyaman untuk dilihat.

Ada juga fitur Private Browsing di Opera Mini Versi 8.0 ini. Fitur ini mirip dengan Incognito Window di Google Chrome. Semua sejarah berselancar di dunia maya dan cache tidak akan disimpan, jika pengguna menggunakan mode yang satu ini.

Salah satu fitur menarik di versi terbaru ini, pengguna bisa melihat seberapa banyak data yang sudah dihemat dengan menggunakan Opera Mini.

Browser Opera Mini sendiri memang memiliki kemampuan untuk memadatkan atau mengompresi data. Tujuannya, data yang digunakan untuk membuka sebuah situs tidak sebesar seharusnya.

Nah, melalui counter data tersebut, pengguna bisa melihat seberapa banyak data yang telah dikompresi untuk membuka sebuah situs.

Opera Mini 8.0 untuk Android sudah dapat diunduh secara gratis melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.