Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Cabut Larangan Foto Ibu Menyusui

Kompas.com - 20/04/2015, 06:23 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Sebelumnya, Instagram memiliki aturan yang sangat tegas tentang foto yang memuat ketelanjangan. Namun, dalam revisi panduan pengguna terbarunya, layanan berbagi foto tersebut memberikan sedikit "kelonggaran" pada aturan ketelanjangan itu.

Di aturan terbarunya, Intagram menyatakan bahwa foto ibu yang sedang menyusui bayinya dan hasil operasi masektomi sudah diperbolehkan untuk diunggah ke layanan tersebut.

Foto yang memperlihatkan body painting (tubuh telanjang yang dicat) dan patung dalam keadaan tanpa pakaian pun diizinkan untuk tampil di layanan milik Instagram.

Selain beberapa hal tersebut, Instagram masih memiliki aturan yang sama terkait ketelanjangan. Beberapa di antaranya, foto yang memperlihatkan adegan seksual, alat kelamin, bokong secara dekat.

Instagram juga melarang foto atau video yang memperlihatkan anak-anak dalam keadaan telanjang.

"Bahkan, ketika konten ini dibagikan untuk maksud yang baik, foto itu dapat digunakan oleh pihak lain untuk cara yang tidak bisa diantisipasi," tulis Instagram, seperti KompasTekno kutip dari Mashable, Jumat (17/4/2015).

Aturan mengenai foto ibu yang menyusui bayinya sebelumnya memang dianggap melanggar peraturan oleh Instagram. Peraturan perihal masalah ini sendiri banyak dikeluhkan oleh para ibu.

Sekadar contoh, pada tahun 2014, Heather Bays, seorang ibu asal Kanada, berkata bahwa ia "patah hati" setelah mengetahui fotonya yang sedang menyusui sang buah hati dihapus oleh Instagram. Akunnya pun dimatikan.

Tak lama berselang, setelah berita mengenai hal tersebut muncul ke permukaan, Instagram meralat keputusannya tersebut. Foto dan akun milik Bays dikembalikan seperti semula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com