Kompas.com - 20/04/2015, 10:53 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Samsung dan Apple dikenal sebagai lawan yang "mesra". Meski berkompetisi di ranah gadget, Apple selama ini mengandalkan Samsung untuk memproduksi cip yang dipakai di iPhone dan iPad.

Namun, hubungan bisnis itu belakangan dilaporkan merenggang gara-gara Galaxy S6 Edge, smartphone andalan baru dari Samsung yang akan segera memasuki pasaran.

Informasi yang dihimpun Kompas Tekno dari The Inquirer, Senin (20/4/2015), menyebutkan bahwa cip A9 untuk iPhone generasi berikutnya, sebut saja iPhone 7, tidak akan dibuat oleh Samsung, tetapi oleh pabrik lain, yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Cip A9 diproduksi menggunakan teknologi 14 nm, sama dengan cip Exynos 7420 bikinan Samsung yang dipakai oleh Galaxy S6 Edge.

Lantaran tingginya angka permintaan pasar untuk Galaxy S6 Edge, Apple rupanya khawatir Samsung lebih memprioritaskan produksi Exynos 7420 untuk Galaxy S6 Edge sehingga kebutuhan pasokan cip A9 untuk iPhone 7 tak bisa terpenuhi.

Di samping Samsung dan TSMC, ada pabrikan cip lain bernama GlobalFoundries. Namun, Apple memandangnya kurang sesuai karena memiliki kapasitas produksi di bawah ketentuan minimum yang disyaratkan.

Di sisi lain, teknologi fabrikasi 16 nm FinFET Turbo TSMC telah memenuhi kebutuhan Apple soal kapasitas produksi, juga performa cip.

Mengenai A9 sendiri, belum banyak yang diketahui mengenai cip ini meski iPhone 7 dikabarkan bakal segera meluncur menjelang akhir tahun 2015, seperti kebiasaan Apple sebelum-sebelumnya.

Selain cip baru tersebut, iPhone 7 disinyalir akan turut dilengkapi sistem operasi iOS 9 terbaru, berikut sensor kamera generasi terkini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.